Banda Aceh (ANTARA) - Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin menyatakan lulusan perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) agar mampu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

"Sarjana alumni UIN Ar-Raniry dengan kemampuan intelektualitas yang dimilikinya semasa di Darussalam harus mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat, karena ini merupakan bagian dari menjalankan peran sebagai khalifah di bumi," katanya di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya dalam rapat senat terbuka dalam rangka wisuda semester genap tahun akademik 2018/2019 dengan meluluskan sebanyak 1.630 orang yang terdiri dari 19 orang doktor, 89 magister dan 1.522 sarjana strata satu (S1)dan diploma (D-III).

Baca juga: Melalui PMB lokal, UIN Ar-Raniry terima 1.200 mahasiswa baru

Baca juga: Ulama: Presiden Jokowi disarankan rangkul semua komponen


Ia menjelaskan mahasiswa dan juga alumni adalah kaum intelektual agar tidak berpangku tangan karena sejatinya pergaulan di masyarakat adalah gudang ilmu pengetahuan.

Warul Walidin mengajak mahasiswa dan alumni dari kampus tersebut untuk berperan aktif dalam berpartisipasi membangun peradaban masyarakat serta mampu memecahkan masalah kesenjangan yang terjadi di kalangan masyarakat.

"Perlu diingat bahwa ketika kembali ke dalam masyarakat, saudara/saudari bakal menghadapi berbagai tantangan. Selama ini masyarakat kita berasumsi, setelah selesai kuliah akan merasa hina ketika seorang sarjana tidak menjadi pegawai negeri, ini harus diberikan pemahaman," katanya.

Ia juga berpesan kepada alumni UIN Ar-Raniry juga berperan aktif untuk memberikan pemahaman dan mengarahkan mereka bahwa tidak mesti semua alumni atau sarjana itu harus bekerja sebagai PNS.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan mengatakan UIN mewisuda sebanyak 1.630 lulusan pada semester genap tahun akademik 2018/2019 dan sebanyak 596 orang diantaranya lulus dengan predikat cumlaude.

Ada pun masing-masing wisudawan tersebut terdiri dari Fakultas Syariah dan Hukum meluluskan sebanyak 201 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 517 orang, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 79 orang dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi 155 orang.

Kemudian Fakultas Adab dan Humaniora 156 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 315 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 23 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 54 orang, Fakultas Psikologi 22 orang dan dari Pascasarjana sebanyak 108 orang.

Ia menyebutkan dengan bertambahnya 19 orang Doktor, 89 orang Magister Agama Islam, 1522 orang lulusan Sarjana Strata Satu dan Diploma, UIN total telah menghasilkan sebanyak 39.199 alumni.*

Baca juga: Mahasiswa UIN Ar-Raniry tolak kompetisi U-17 puteri

Baca juga: UIN Ar-Raniry gelar seminar komunikasi antar budaya di Asia

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019