Ada sejumlah fasilitas yang akan dilakukan penambahan dan perbaikan, di antaranya penambahan ruang tunggu, taman, toilet umum, perluasan lahan parkir, dan masjid.
Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) menargetkan renovasi Stasiun Solo Balapan di Jawa Tengah yang saat ini mulai dilakukan akan selesai pada 2020.

"Ada sejumlah fasilitas yang akan dilakukan penambahan dan perbaikan, di antaranya penambahan ruang tunggu, taman, toilet umum, perluasan lahan parkir, dan masjid," kata Manajer Bangunan Dinas PT KAI (Persero) Daop VI Dwi Rostanto di Solo, Rabu.

Ia mengatakan KAI akan membangun tempat parkir bertingkat sehingga bisa memuat untuk lebih banyak kendaraan.

"Dengan perbaikan itu, area parkir dapat menampung kendaraan hingga ribuan unit. Rinciannya roda empat sebanyak 250 unit dan roda dua sebanyak 1.000 unit," katanya.

Ia berharap dengan perbaikan dan penambahan sejumlah fasilitas tersebut dapat menambah kenyamanan para penumpang yang menggunakan jasa kereta api.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, KAI Cirebon bagi-bagi bingkisan dan balon

"Apalagi Stasiun Solo Balapan selama ini telah dianggap sebagai ikon bagi warga Kota Solo," katanya.

Sebelumnya, PT KAI (Persero) juga sudah meresmikan ruang tunggu untuk KA Bandara yang ada di dalam Stasiun Solo Balapan. Peresmian dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro.

Pada kesempatan itu Edi mengatakan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, Daop VI harus lebih memperhatikan pemeliharaan gedung dan pelayanan untuk para penumpang.

"KAI fokusnya adalah pelayanan untuk masyarakat, bukan mencari untung sebesar-besarnya. Harapannya bisa digunakan masyarakat Solo dan Jogja," katanya.

Manajer Bangunan Dinas PT KAI itu juga berharap Ruang Tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Balapan tersebut bisa menjadi model untuk selanjutnya diterapkan di stasiun-stasiun yang akan menuju bandara.
Baca juga: KAI keluhkan rendahnya kesadaran masyarakat sekitar rel

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019