Penghargaan ini mengukuhkan posisi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai salah satu bandara terbaik di Asia-Pasifik untuk kategori bandara dengan 5-15 juta penumpang per tahun.
Badung (ANTARA) - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,  meraih penghargaan prestisius tingkat dunia Airport Service Quality (ASQ) Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Airports Council International (ACI).

“Penghargaan ini mengukuhkan posisi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai salah satu bandara terbaik di Asia-Pasifik untuk kategori bandara dengan 5-15 juta penumpang per tahun setelah tahun lalu juga meraih penghargaan serupa,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi saat penganugerahan ASQ Awards 2018 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu.

Pada ASQ Awards 2018, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berhasil meraih penghargaan pada empat kategori, yaitu Best Airport by Size and Region (5-15 million passengers per year in Asia-Pacific) atau Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Best Environment and Ambience by Size (5-15 million passengers per year) atau bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Best Customer Service by Size (5-15 million passenger per year) atau bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Baca juga: AP I miliki fasilitas pemeriksaan penumpang canggih di Bali

Yang terakhir adalah Best Infrastructure and and Facilitation by Size (5-15 million passenger per year) yaitu bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil survei Airport Service Quality yang merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Faik Fahmi mengatakan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan mengalami peningkatan raihan prestasi dibanding tahun sebelumnya pada ajang yang sama dengan kembali meraih predikat sebagai Bandara Terbaik di Asia-Pasifik pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 5-15 juta penumpang per tahun.

Tahun lalu bandara terbesar di Pulau Kalimantan ini menyabet predikat ‘2nd place Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year’.

Selain itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan pada beberapa kategori baru penghargaan seperti ‘Best Environment and Ambience’, ‘Best Customer Service’, dan ‘Best infrastructure and Facilitation’,” kata.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata kerja keras dan fokus Angkasa Pura I untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara,” kata Faik Fahmi.

Director General ACI World Angela Gittens, menjelaskan, ASQ Awards merupakan perayaan atas pencapaian bandara-bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

“Penghargaan ini merupakan penghormatan tertinggi bagi operator bandara di seluruh dunia. Bandara yang menerima penghargaan ini dinilai telah berhasil merespon kebutuhan penumpang yang terus berubah dengan memberikan layanan dan kinerja yang lebih baik,” katanya.

Menurutnya, bandara-bandara penerima penghargaan, telah mengakui bahwa memberikan layanan pelanggan yang lebih baik merupakan “business tools” yang penting dalam industri yang semakin kompetitif ini.

“Penghargaan ASQ ini merupakan satu-satunya program global yang menyediakan pengukuran objektif dan perbandingan bagi bandara-bandara untuk membantu mendorong kinerja mereka,” ujar Angela.

Dalam kesempatan itu, Angkasa Pura I menjadi operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang dipercaya ACI menjadi tuan rumah Customer Experience Global Summit.
Baca juga: Bandara Sepinggan dapat label terbaik di dunia

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019