Mekkah (ANTARA) - Bus Shalawat yang diberikan sebagai salah satu fasilitas bagi jamaah haji Indonesia terdata melayani 296.000 trip selama musim haji 2019 dan akan berhenti beroperasi pada 6 September 2019 setelah seluruh jamaah Indonesia meninggalkan Mekkah.

“Bus Shalawat akan tetap beroperasi hingga hari terakhir pendorongan jamaah ke Madinah. Jadi total, kalau kami hitung, Bus Shalawat ini beroperasi selama 46 hari. Nah selama itu, bus ini melayani sekitar 296. 292 trip,” kata Kepala Daerah Kerja Mekkah Subhan Cholid, di Mekkah, Rabu

Ia memastikan bus tersebut akan melayani hingga masa operasional haji Daerah Kerja Mekkah berakhir pada 6 September 2019.

Subhan Cholid mengatakan, pihaknya mengoperasikan 419 Bus Shalawat dalam penyelenggaraan haji 1440H/2019.

Bus ini beroperasi secara bertahap, sejak awal kedatangan jamaah di Mekkah dan armada yang dioperasikan disesuaikan dengan jumlah anggota jamaah yang sudah berada di Mekkah.

“Pada masa kedatangan, Bus Shalawat melayani 148.146 trip. Begitu juga saat masa kepulangan,” ujar Subhan.

Bus Shalawat melayani sembilan rute perjalanan, yaitu Jamarat – Mahbas Jin – Bab Ali, Syisah – Syib Amir, Syisah Raudhah – Syib Amir, Syisah I – Syib Amir, Raudhah – Syib Amir, Syisah II – Syib Amir, Jarwal – Syib Amir, Misfalah – Jiad, dan Rey Bakhsy – Jiad.

PPIH Arab Saudi bekerja sama dengan dua operator bus untuk memberikan layanan transportasi shalawat. Pertama, Saptco yang melayani lima rute dan memiliki ciri bus warna merah. Kedua, Rawahil yang melayani empat rute, dan memiliki ciri warna bus hijau.

Dalam rute tersebut, terdapat 56 halte terdekat hotel jamaah, dengan pemberhentian akhir di tiga terminal sekitar Masjidil Haram. Ketiganya adalah Terminal Bus Jiad, Syib Amir, dan Bab Ali.

“Semuanya beroperasi 24 jam. Sepanjang operasional ini, ada sekitar 200 petugas transportasi yang bertugas bergiliran di terminal maupun halte-halte bus shalawat,” kata Subhan.
Baca juga: Laporan dari Mekkah - Bus shalawat stop beroperasi mulai 16 Agustus
Baca juga: Bus shalawat disimulasikan jelang kedatangan jamaah di Mekkah
​​​​​​​
Baca juga: Bus Shalawat, sarana transportasi jamaah haji

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019