Penghargaan ini mengharumkan nama Indonesia dan Bangka Belitung,...
Pangkalpinang (ANTARA) - Bandara Depati Amir di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meraih empat penghargaan bergengsi di bidang layanan jasa penerbangan.

Executive General Manager Bandara Depati Amir, Chuanda di Pangkalpinang di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan "Airport Council International" (ACI) yang merupakan lembaga kebandarudaraan internasional.

Penghargaan itu meliputi "Best Airport by Size and Region", "Best Environment and Ambience by Size", "Best Customer Service by Size", dan "Best Infrastructure and Facility by Size" untuk bandara berpenumpang di bawah dua juta jiwa.

Baca juga: Bandara AP II sabet 22 penghargaan Dewan Bandara Internasional
Executive GM Bandara Depati Amir, Chuanda memperlihatkan empat penghargaan yang diterima dari Airport Council International dalam Customer Experience Global Summit 2019 di Bali (babel.antaranews.com/HO)


Menurut Chuanda, penghargaan yang diterima manajemen Bandara Depati Amir tersebut tidak lepas juga dari dukungan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan Provinsi Bangka Belitung.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada seluruh komunitas kebandaraan di Bandara Depati Amir yang telah melakukan kerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik sehingga infrastruktur transportasi udara itu diberikan penghargaan.

"Penghargaan ini mengharumkan nama Indonesia dan Bangka Belitung, karena Bandara Depati Amir diperhitungkan dunia, semoga dapat meningkatkan sektor kepariwisataan di Bangka Belitung dan meningkatkan perekonomian daerah," ujar Chuanda.

Penghargaan yang diterima manajemen Bandara Depati Amir tersebut melengkapi 22 penghargaan yang diterima PT Angkasa Pura 2 (Persero) dari lembaga kebandarudaraan internasional itu.

Penghargaan yang diberikan dalam acara Customer Experience Global Summit 2019 yang digelar di Nusa Dua, Bali, itu semakin memperkuat posisi PT Angkasa Pura 2 semakin memperkuat posisi sebagai salah satu operator bandara terbaik di Asia Pasifik.

ACI adalah satu-satunya perwakilan global dari otoritas bandara di dunia, yang mengembangkan standar, kebijakan serta pelatihan untuk meningkatkan standar bandara di seluruh dunia dan telah melakukan survei terhadap penumpang pesawat di 380 bandara yang ada di 90 negara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura 2 Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan tertinggi "Airport Service Quality 2018" dari ACI itu merupakan hasil dari transformasi pelayanan yang sudah dilakukan perseroan sejak tiga tahun lalu.

Transformasi pelayanan itu antara lain didukung pengembangan infrastruktur fisik dan penerapan teknologi informasi disertai dengan peningkatan sumber daya manusia.

Kombinasi antara pengembangan infrastruktur, pemanfaatan IT, dan peningkatan human resources, membuat bandara-bandara Angkasa Pura 2 beroperasi dengan efisien, efektif serta memiliki standar pelayanan tinggi yang kemudian diakui penumpang pesawat sehingga berhasil meraih penghargaan dari ACI.

“Kami selalu berupaya agar bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura 2 dapat membawa harum nama Indonesia di industri penerbangan global. Penghargaan dari ACI ini juga semakin membuat kami optimistis bahwa Angkasa Pura 2 dapat mewujudkan road map 'Go Global',” ujar Muhammad Awaluddin.
Baca juga: 10 bandara AP I raih akreditasi pelayanan tingkat dunia

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019