Jakarta (ANTARA) - LIB dan PSSI akan berupaya menyediakan pengacara-pengacara berkualitas untuk menangani kisruh kontrak antara sejumlah pemain asing dengan pihak klub.

"Kita, terutama PSSI sebagai federasi, berupaya untuk memfasilitasi ketika ada kontrak-kontrak pemain asing dari klub. Kita menyiapkan pengacara-pengacara yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kontrak-kontrak yang sifatnya internasional, supaya jangan sampai ketidakpahaman klub tentang hal itu sehingga terjadi seperti ini," kata Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit, saat ditemui setelah menghadiri rapat evaluasi paruh musim Liga 1 di Jakarta, Kamis.

Menurut Dirk, kisruh seputar kontrak antara pemain asing dengan klub-klub Indonesia kerap berujung pada pengaduan sang pemain kepada FIFA, yang kemudian menjatuhkan sanksi atau denda kepada klub.

Padahal dalam pandangan Dirk, klub-klub telah melakukan hal-hal yang semestinya terkait kontrak para pemain asing.

Salah satu kasus teranyar mengenai kisruh kontrak pemain asing terdapat di kubu Persija dengan Bruno Matos.

Baca juga: Persija putus kontrak Steven Paulle dan Bruno Matos

Kontrak pemain asal Brasil itu telah diputus oleh Macan Kemayoran pada akhir Agustus silam, namun Bruno menyatakan ia belum menerima pembatalan kontrak secara resmi.

Matos belum membawa masalah ini ke FIFA, tapi ia kerap mengeluhkan situasinya melalui media sosial.

Salah satu poin pembahasan pada pertemuan hari ini adalah mengenai sembilan pertandingan yang tertunda pada pelaksanaan paruh musim pertama Liga 1. Total terdapat sembilan pertandingan yang tertunda dari paruh pertama.

Dirk hanya mengatakan bahwa masalah tersebut telah selesai dibicarakan tanpa memberi penjelasan lebih lanjut.

Pembahasan lain dalam pertemuan tersebut adalah terkait sponsor. Menurut Dirk, terdapat beberapa kali benturan antara sponsor kompetisi dengan sponsor klub karena produk sponsor merupakan produk sejenis.

Ia menyatakan bahwa pihaknya akan mengatur masalah sponsor tersebut dengan lebih rinci, sehingga klub-klub peserta liga profesional memiliki pegangan yang jelas untuk memilih dan mendekati sponsor.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019