Jakarta (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat mendorong pemerintah segera melakukan dialog dengan tokoh adat, agama dan masyarakat untuk menemukan solusi dan pemecahan masalah yang dapat mengakomodasi aspirasi seluruh kelompok kepentingan di Papua.

"Dialog tersebut harus melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah," kata Wakil Ketua Umum MUI pusat Zainut Tauhid Sa'adi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Dengan adanya dialog tersebut diharapkan bisa melahirkan solusi yang adil, komprehensif serta dapat diterima semua pihak terkait konflik beberapa waktu lalu.

Kemudian, MUI pusat juga meminta aparat keamanan agar menindak tegas, menangkap, dan memeroses hukum kelompok atau oknum yang memicu kerusuhan atas tindakan rasis terhadap masyarakat Papua khususnya mahasiswa di Surabaya.

"Penindakan juga terhadap aktor intelektual dan provokator kerusuhan di Papua yang ingin memecah belah masyarakat Papua," katanya.

Untuk penyelesaian masalah Papua, MUI menyarankan pemerintah untuk mengambil langkah-langkah bijak dan tegas baik melalui pendekatan dialog, kultural maupun penegakan hukum serta Hak Asasi Manusia (HAM).

Masalah Papua harus ditangani secara serius dan hati-hati dengan mencari solusi yang komprehensif sehingga tidak menimbulkan ekses negatif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terakhir, organisasi tersebut mengajak semua pihak untuk ikut membantu menjaga suasana aman dan kondusif dengan tidak melakukan tindakan yang justru dapat memanaskan situasi di Papua.

"Kita berharap masalah Papua dapat segera diatasi dan dicarikan solusinya secara baik dan bermartabat," katanya.

Baca juga: Kapolri: belum ada rencana penarikan personil TNI-Polri di Papua
Baca juga: Pemrov Papua alokasikan Rp 28 Miliar untuk bantu korban demo anarkis
Baca juga: Papua Terkini - Kapolri kirim tim selidiki demo anarkis di Deiyai

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019