Pontianak (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat terhitung 9 hingga 16 September 2019 membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Bengkayang untuk Pemilu serentak 2020 mendatang tanpa disertai mahar.

“Pembukaan pengambilan sekaligus pengembalian formulir pendaftaran tersebut dimulai hari ini Pengambilan dan penyerahan daftar formulir diambil dan diserahkan langsung di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkayang, Jalan Sanggau Ledo, Nomor 093, Kelurahan Sebalo, Bengkayang,” ujar Ketua DPC PDIP kabupaten Bengkayang, Esidorus saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Baca juga: Gerindra Bengkayang utamakan kader maju di Pilkada 2020

Ia menjelaskan pendaftaran tanpa mahar dan tidak dipungut biaya tersebut sebagai tindaklanjuti surat dari DPP PDIP , nomor : 356/IN/DPP/VIII/2019, tertanggal 28 Agustus Tahun 2019, perihal : instruksi dan peraturan PDI Perjuangan Nomor 24 Tahun 2017 tentang rekrutmen dan seleksi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDI Perjuangan.

"Maka DPC PDI perjuangan Kabupaten Bengkayang menyampaikan pemberitahuan/pengumuman resmi ke seluruh jajaran legislatif, eksekutif, kader, pengurus, anggota dan simpatisan partai, serta masyarakat luas secara terbuka tentang pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang 2020,” jelas dia.

Ia menjelaskan bahwa mengenai prosedur tetap rekrutmen bakalcalon bupati dan wakil bupati yang berlaku di PDI Perjuangan, dasar pertimbangan utama ialah ideologi Pancasila, kemudian kinerja yang bersangkutan yang terbukti sukses, terukur dan teruji dan bersih dari kasus hukum.

"Kami mengundang seluruh masyarakat luas yang berminat dan terpanggil untuk mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang melalui PDI Perjuangan," ajaknya.

Ia menyebutkan hasil penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati oleh DPC PDI Perjuangan akan disampaikan kepada DPD dan DPP PDI Perjuangan. Selanjutnya proses Rekomendasi akan ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan.

Baca juga: Ayah Bupati, Anak Ketua DPRD

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang yang mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan akan diikutkan sekolah partai terkait ideologi dan implementasi program perjuangan partai dalam kebijakan pemerintah daerah .

"Kembali, pendaftaran dibuka dan terbuka untuk khalayak ramai atau umum. Berharap putra- putri terbaik Kabupaten Bengkayang bisa meramaikan Pilkada Bengkayang, terutama yang punya kapasitas, integritas, kualitas dan rekam jejak yang baik serta dedikasi untuk mengabdi kepada Kabupaten Bengkayang," kata dia.

Pewarta: Dedi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019