Surabaya (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mendukung keberadaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan "Kuliner Pintar" di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan memberikan bantuan kompor listrik dan pemasangan enam Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di wilayah itu.

"Keberadaan Kuliner Pintar ini merupakan terobosan baru dari kami untuk mendukung pemerintah mengembangkan sektor usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, selain penyediaan listrik melalui SPLU juga disediakan internet untuk kawasan tersebut," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Bob Saril di Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan pemberian kompor listrik di kawasan kuliner juga sebagai inisiatif PLN dalam mengimplementasikan gaya hidup dengan listrik (electrifying lifestyle) sekaligus pengembangan SPLU Net.

Bupati Kabupaten Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan keberadaan Kuliner Pintar bertujuan untuk mewujudkan wisata kuliner yang modern, ramah lingkungan, dan cocok menjadi lokasi swafoto bagi masyarakat umum.

Isi dari Kuliner Pintar, kata dia, adalah semua warung-warung yang terdapat di kawasan Taman Blambangan dengan menggunakan kompor induksi bertenaga listrik, melalui suplai langsung dari enam buah SPLU Net yang sudah terpasang lengkap dengan jaringan internet di kawasan setempat.

"Kami berterima kasih, karena PLN telah memilih kawasan kuliner ini sebagai tempat untuk electrifying lifestyle, harapan kami ke depannya dapat menghadirkan rasa sehat, nyaman, dan mendorong wisatawan untuk terus tumbuh dari waktu ke waktu di Kabupaten Banyuwangi," katanya.

Sementara itu, keberadaan Kuliner Pintar ini juga sebagai proyek percontohan bagi PLN, dan jika berhasil akan diterapkan serentak di unit-unit PLN lainnya.

Baca juga: PLN perluas penggunaan kompor listrik
Baca juga: Penggunaan kompor listrik untuk keseharian mengapa tidak?

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019