Jakarta (ANTARA) - Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold Hutagalung mengatakan pengungkapan jaringan pemalsuan Kartu Uji Berkala (KIR) berawal dari persoalan sepele, yakni kemacetan yang terjadi akibat truk mogok di Tanjung Priok.

"Sebenarnya berangkat dari hal sepele, jauh sebelum maraknya kecelakaan disebabkan oleh truk di Tanjung Priok sering terjadi kemacetan akibat truk mogok," kata Reynold di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

Dari banyaknya kasus kemacetan akibat truk mogok, jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan penelusuran yang hasilnya menyatakan banyak truk tidak layak pakai yang menyebabkan terjadinya kecamatan akibat truk mogok.

Baca juga: Jaringan pemalsu KIR sudah beroperasi setahun di Jakarta Utara

Reynold mengatakan bahwa pihak mencari informasi di tengah masyarakat dengan menurunkan tim di lapangan.

Dari hasil penelusuran, tim menemukan adanya indikasi bahwa KIR yang digunakan pemilik truk diduga palsu.

"Pengamatan ini kami lakukan sejak Juli," kata Reynold.

Ia menyebutkan banyak pemilik dan pengusaha truk mengurus KIR melalui biro-biro jasa yang menerbitkan KIR tidak terdaftar di Dinas Perhubungan.

Biaya pembuatan KIR di biro jasa tersebut Rp300 ribu untuk KIR baru dan Rp200 ribu untuk KIR perpanjangan. Biaya ini jauh lebih mahal darpada KIR yang ada di Dinas Perhubungan sebesar Rp92 ribu per kendaraan.

Baca juga: Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkap jaringan pemalsuan KIR

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono yang memimpin gelar kasus menyebutkan praktik pembuatan KIR palsu ini telah merugikan negara.

Uji KIR, kata dia, perlu dilakukan mengingat banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan kendaraan angkutan berat, seperti truk, bus, dan kendaraan angkutan lainnya.

Dalam pengujian KIR, ada beberapa komponen yang dicek, seperti kondisi ban, lampu, rem, dan semua perlengkapan yang ada di kendaraan tersebut. Pengecekan dilakukan berkala setiap 6 bulan sekali.

"Uji KIR ini tujuannya untuk keselamatan, jangan sampai kita meninggal sia-sia di jalan raya karena tidak menaati aturan, salah satunya dengan uji KIR," kata Argo.

Sebelumnya diberitakan, Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkap jaringan pembuat dan perpanjangan KIR palsu dengan pelaku empat orang, yakni ID, IZ, AS atau F, dan DP.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019