Kita kehilangan bapak, sahabat, panutan negarawan, dan inspirator bahkan idola
Jakarta (ANTARA) - Putra pertama almarhum BJ Habibie, Ilham Habibie, mengatakan bapaknya teladan bagi generasi penerus bangsa karena menjadi sosok yang tidak pernah berhenti belajar.

"Bapak selalu belajar, sampai akhir hayatnya, selalu mempelajari tantangan baru dan memberikan solusi terbaik dari masalah tersebut," kata Ilham Habibie saat menyampaikan sambutan keluarga pada upacara pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis.

Sebagai anak, ia melihat figur Habibie sebagai inspirator, negarawan, dan idola. Bahkan, hal tersebut juga dilihat oleh banyak orang.

"Kita kehilangan bapak, sahabat, panutan negarawan, dan inspirator bahkan idola. Wafatnya bapak, cara bapak wafat itu merupakan contoh dari kehidupannya, bapak dikelilingi keluarga sahabat teman seperjuangan dan semua berdoa demi bapak, dan semua mencium bapak ketika beliau mulai wafat," kata Ilham.

Ia berharap, Presiden ketiga Indonesia itu, mampu memberikan inspirasi bagi bangsa dalam semangat pantang menyerah demi mencapai tujuan bersama.

Baca juga: Rangkaian upacara pemakaman kenegaraan BJ Habibie

Presiden Joko Widodo hadir di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan untuk memimpin upacara pemakaman kenegaraan bagi jenazah Habibie.

Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam prosesi pemakaman bagi Presiden ke-3 RI Baharudin Jusuf Habibie pada Kamis siang.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga hadir di tempat upacara bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Para mantan wakil presiden juga menghadiri acara itu, yakni Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono. Pada acara itu, Presiden Jokowi mengenakan jas hitam berkemeja putih lengkap dengan dasi merah dan peci hitam.

Penanduan peti jenazah yang diselimuti bendera Merah Putih juga diiringi oleh pasukan TNI. Ibu Negara Iriana Widodo tiba bersama Mufidah Jusuf Kalla. Hadir pula Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Sejumlah pejabat juga hadir pada acara itu, antara lain Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Wamen ESDM Archandra Tahar, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pemulasaraan jenazah BJ Habibie bertempat di sebelah makam mendiang istrinya, Ainun Habibie, di slot 120-121.

Jenazah BJ Habibie telah dilepas oleh keluarga kepada pemerintah yang dipimpin oleh Agum Gumelar.

Baca juga: Megawati dan SBY hadiri pemakaman B.J. Habibie
Baca juga: BJ Habibie wafat - Panas terik warga tetap saksikan pemakaman


 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019