Gerakan Indonesia Dermawan diyakini dapat entaskan kemiskinan

id ACT,Aksi Cepat Tanggap,Gerakan Indonesia Dermawan,Din Syamsuddin

Gerakan Indonesia Dermawan diyakini dapat entaskan kemiskinan

Din Syamsuddin. (FOTO ANTARA/HO-ACT)

Jakarta (ANTARA) - Tokoh nasional sekaligus cendekiawan Muslim dari PP Muhammadiyah Din Syamsuddin optimistis pada Gerakan Nasionak Indonesia Dermawan yang digagas oleh organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu solusi dalam mengentaskan kemiskinan.

Dalam siaran pers ACT yang diterima di Jakarta, Kamis, ia yakin terhadap sistem Gerakan Nasional Indonesia Dermawan yang dibuat oleh ACT dapat memberdayakan perekonomian masyarakat hingga menuntaskan masalah kemiskinan.

“Jelas, kemiskinan memerlukan kepedulian sosial, solidaritas sosial, kedermawanan. Maka lembaga-lembaga filantropi seperti Aksi Cepat Tanggap  perlu memikirkan sebuah sistem yang tepat. Sehingga, sistem ini bisa memberdayakan perekonomian, dan akhirnya bisa menuntaskan kemiskinan umat, kemiskinan di masyarakat selama ini,” katanya.

Hingga Maret 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan publikasi bahwa lebih dari 25 juta jiwa di Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan. Sikap kedermawanan dari berbagai pihak menjadi solusi permasalahan kemanusiaan dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Berdasarkan data BPS, terdapat delapan provinsi yang mengalami kenaikan tingkat kemiskinan. Delapan provinsi itu meliputi Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Tenggara, Maluku Utara, serta Papua.

Din Syamsuddin menambahkan, kedermawanan merupakan sebuah hal nyata yang sebenarnya sudah lama tertanam di dalam diri bangsa Indonesia seperti saat terjadi bencana alam.

“Memang kedermawanan itu nyata adanya. Pada saat terjadinya bencana alam atau bencana sosial, terlihat kegairahan, semangat dari berbagai elemen masyarakat mengulurkan tangan kedermawanan, memberikan bantuan bahkan datang langsung ke lokasi,” kata Din yang merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia tersebut.

Cara kerja filantropi, katanya, dapat dihasilkan dari semangat kedermawanan yang organik dengan kesadaran individu maupun kolektif.

Gerakan Nasional Indonesia Dermawan menjadi semangat dalam menghidupkan kembali kebersamaan dalam aksi-aksi kebaikan. Semangat kebersamaan ini yang akan terus dihidupkan melalui Gerakan Nasional yang digalakkan oleh ACT dengan mengajak seluruh bangsa untuk memberikan kontribusi terbaiknya.

Gerakan #IndonesiaDermawan adalah gerakan inklusif yang berusaha mengajak publik berkontribusi menyelesaikan permasalahan kemanusiaan di Indonesia dan dunia berupa advokasi dan implementasi nilai-nilai kedermawanan ke seluruh masyarakat.

Baca juga: ACT kampanyekan Gerakan Nasional Indonesia Dermawan

Baca juga: ACT kampanyekan Gerakan Nasional Indonesia Dermawan

Baca juga: Indonesia negara paling dermawan tahun 2018


Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar