Papua Terkini - Mahasiswa Papua diajak berbaur dengan masyarakat Aceh

id Aceh,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh,Mahasiswa Papua,Kapolresta Banda Aceh

Papua Terkini - Mahasiswa Papua diajak berbaur dengan masyarakat Aceh

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto. Antara Aceh/M Haris SA

Banda Aceh (ANTARA) - Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto mengajak mahasiswa Papua yang kuliah di ibu kota Provisi Aceh tersebut berbaur dengan masyarakat setempat.

"Kami minta jangan sendiri-sendiri, tetapi berbaurlah, agar bisa bersosialisasi dan beradaptasi dengan masyarakat Kota Banda Aceh," kata Kombes Pol Trisno Riyanto di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: Polres Indramayu buat sistem "anak asuh" bagi pelajar Papua

Baca juga: Disdik imbau pelajar- mahasiswa Papua program ADEM-ADIK tidak pulang

Baca juga: Pesan damai dari mahasiswa Papua di Kalsel

Baca juga: Warga Manokwari tanda tangan Deklarasi Damai


Perwira menengah Polri itu menyebutkan, dengan berbaur terbangun silaturahmi. Masyarakat Banda Aceh menerima kehadiran para mahasiswa dari provinsi ujung timur Indonesia tersebut.

Kombes Pol Trisno Riyanto menambahkan, kepolisian menjamin dan melayani keamanan mahasiswa Papua di Banda Aceh sebagaimana masyarakat di Bumi Serambi Mekah tersebut.

"Dengan berbaur, kita semua bisa membangun silaturahmi. Kita semua bersaudara, jadi jangan merasa sendiri. Kita semua bersatu untuk maju," kata Kombes Pol Trisno Riyanto.

Senada juga diungkapkan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Ia mengajak mahasiswa Papua di Banda Aceh mengenali lingkungan dan bersosialisasi dengan masyarakat. Serta menjadikan lingkungan sekitar sebagai keluarga.

"Saya berpesan kepada seluruh mahasiswa asal Papua yang saat ini belajar di Kota Banda Aceh, senantiasa terus belajar dalam menggapai cita-citanya serta selalu menjaga nama baik Papua," kata Aminullah Usman.

Wali Kota menyebutkan, Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan budaya, adat, dan sukunya. Sampai hari ini Indonesia tetap eksis dari Aceh sampai ke tanah Papua.

Selain itu, Aminullah Usman mengajak mahasiswa Papua mempromosikan pariwisata Kota Banda Aceh kepada kerabat. Kota Banda Aceh terkenal dengan cagar budaya dan bangunan bersejarahnya, juga identik dengan kuliner dan kopinya.

"Selama berada Banda Aceh, saya berharap kepada adik-adik mahasiswa dapat mengunjungi sejumlah objek wisata serta memperkenalkan juga kepada teman, saudara dan kerabat sekembalinya ke Papua," kata Aminullah Usman.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar