Ribuan warga di Aceh Barat shalat gaib untuk Presiden BJ Habibie

id Presiden BJ Habibie,BJ Habibie Meninggal Dunia,BJ Habibie Tutup Usia,bj habibie,habibie wafat,prestasi habibie

Ribuan warga di Aceh Barat shalat gaib untuk Presiden BJ Habibie

Ratusan jamaah melaksanakan shalat gaib untuk almarhum BJ Habibie di Masjid Agung Darussalihin Idi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Jumat (13/9/2019) siang. (ANTARA/Hayaturrahmah)

Meulaboh (ANTARA) - Ribuan umat Islam di Kabupaten Aceh Barat melakukan ibadah shalat gaib untuk almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof Ing Baharuddin Jusuf Habibie di Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Jumat siang.

Prosesi ibadah ini dipimpin oleh imam masjid agung setempat, Teungku H Cut Usman usai pelaksanaan ibadah shalat Jumat.

Selain di Aceh Barat, prosesi ibadah serupa juga turut dilakukan oleh umat muslim yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh sepanjang Jumat siang.

"Shalat gaib ini kami lakukan sebagai bentuk kasih sayang masyarakat kepada almarhum Presiden BJ Habibie," kata Teungku H Cut Usman.

Ibadah tersebut juga menindaklanjuti imbauan Bupati Aceh Barat, H Ramli MS yang mengintruksikan umat Islam dan pengurus masjid di daerah itu agar melakukan ibadah shalat gaib atau mengirimkan doa kepada Presiden BJ Habibie almarhum.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat juga mengirimkan doa dengan harapan seluruh amalan baik almarhum diterima di sisi Allah SWT.

Baca juga: Dubes Timor Leste terharu diperlakukan seperti anak oleh Habibie

"Mungkin hanya ini yang bisa kami lakukan kepada Bapak Presiden BJ Habibie, beliau merupakan seorang tokoh bangsa yang sampai saat ini masih terkenang kebaikannya bagi masyarakat di Indonesia," kata Teungku H Cut Usman menambahkan.

Sebelumnya, Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, H Ramli MS mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar melakukan ibadah shalat gaib untuk Presiden Ketiga Republik Indonesia, Prof Ing Baharuddin Jusuf Habibie yang meninggal dunia dalam perawatan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Rabu (11/9) malam pukul 18:05 WIB.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat Aceh Barat agar melakukan shalat gaib di setiap masjid, sekaligus mendoakan almarhum BJ Habibie semoga menjadi ahli surga dan diampuni segala khilaf dan dosa semasa hidup," kata Bupati di Meulaboh, Rabu.

Ia juga meminta masyarakat agar turut mengirimkan doa atau membaca surah Yaasin untuk almarhum, sehingga almahurm BJ Habibie mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

Baca juga: Monumen BJ Habibie ramai dikunjungi warga Gorontalo
 

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar