Festival Pesona Moyo Sumbawa diharapkan jadi pemikat wisatawan

id Festival Pesona Moyo 2019,Pulau Moyo ,Pulau Sumbawa,Moyo Pemikat Wisatawan ,Pariwisata NTB,Pesona Lombok Sumbawa ,NTB

Festival Pesona Moyo Sumbawa diharapkan jadi pemikat wisatawan

Pembukaan Festival Pesona Moyo oleh Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah (kedua dari kiri) beserta istri Hj. Niken Saptarini Widyawati (tengah) didampingi Bupati Sumbawa H. Husni Jibril (kiri) dan tamu undangan lainnya dengan pakaian nuansa adat, Minggu malam (15/9) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, NTB. (ANTARA/HO/Humas Pemprov NTB/Dok).

Sumbawa, NTB (ANTARA) - Pelaksanaan Festival Pesona Moyo di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat diharapkan menjadi daya pikat wisatawan untuk datang ke daerah itu.

"Pulau Moyo sungguh memikat dan menghipnotis setiap tamu yang mengunjunginya, karena keindahan yang dimilikinya. Bahkan eksotisme Pulau Moyo mampu meluluhkan hati para pesohor dunia. Di antaranya Mick Jagger dan Putri Diana, yang telah merasakan sejuk dan indahnya alam dan taman laut Moyo," kata Bupati Sumbawa H. Husni Jibril saat pembukaan Festival Pesona Moyo dalam keterangan tertulis diterima di Mataram, Senin.

Festival Pesona Moyo sendiri dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah didampingi Bupati Sumbawa H. Husni Jibril dan tamu undangan lainnya dengan pakaian nuansa adat, Minggu malam (15/9) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, NTB. Festival Pesona Moyo sudah mulai digelar dari 10 hingga berakhir 19 September 2019.

Menurut Bupati, keindahan Moyo yang luar biasa dan sangat menginspirasi, karena didukung enam spot yang bisa dieksplorasi, mulai dari wisata bahari hingga air terjun. Lagi pula destinasi itu sangat mudah dijangkau.

Misalnya pesona pantai, menurut Husni di sana ada Takat Sigale, Pantai Tanjung Pasir, dan Pantai Poto Jarum. Takat Sigale memiliki gundukan pasir yang berwarna pink. Gradasinya pun sangat indah kala beradu dengan air laut. Gundukan pasir ini memiliki tinggi sekitar 2 meter.

"Momentum terbaik untuk menikmatinya, adalah pagi dan siang hari. Sebab, kawasan Takat Sigale hanya terlihat ujung gundukan pasirnya saat air pasang," terangnya.

Selain karakter unik tersebut, Pulau Moyo, kata Husni, juga menawarkan panorama bawah laut yang sungguh sangat eksotis. Ada beragam warna warni terumbu karang dan ikan yang dapat dinikmati. Sementara airnya sungguh jernih dan menyegarkan, ditambah keindahan sunsetnya.

Destinasi lainnya adalah Pantai Tanjung Pasir. Destinasi ini menawarkan garis pantai dengan pasir pink-nya. Ada tiga gradasi warna air yang ditawarkan, mulai dari pink hingga kehijauan dan biru. Sama seperti pantai lain, kawasan Tanjung Pasir ini juga menawarkan keindahan bawah airnya.

Pulau Moyo semakin eksotis dengan kehadiran Pantai Poto Jarum. Untuk menikmati Poto Jarum ini bisa diakses langsung melalui Pantai Tanjung Pasir. Perjalanannya sekitar 60 menit dengan memakai kapal nelayan. Begitu sampai di tujuan, karakter khas pantai dengan bebatuan besar terhampar di bibir pantai. Kawasan ini masih alami dan sangat ideal untuk snorkling.

"Sumbawa dengan Pulau Moyo memang memiliki banyak spot menarik. Karena keindahannya, Pulau Moyo menjadi inspirasi sebuah event. Kami yakin, popularitas destinasi di Sumbawa dan Pulau Moyo semakin naik dengan event ini. Bagaimanapun, Festival Pesona Moyo menjadi branding ideal bagi aneka potensi wisata di sana," jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Pulau Moyo juga menawarkan keunikan dari koleksi air terjunnya. Komposisi air terjunnya terdiri dari Mata Jitu, Sengalo, dan Diwu Mbai. Untuk Air Terjun Mata Jitu sering disebut sebagai Queen Waterfall. Sebab, destinasi ini pernah dikunjungi mendiang Putri Diana. Bentuknya unik dengan komposisi bertingkat lengkap dengan kolamnya.

Jernihnya air di sana menyatu dengan warna indah bebatuannya. Untuk mencapai Air Terjun Mata Jitu, wisatawan menjangkaunya dari Desa Ai Bari.

"Pulau Moyo bukan hanya menawarkan garis pantainya. Keindahannya semakin lengkap dengan komposisi air terjunnya. Bahkan, Putri Diana asal dari Kerajaan Inggris dahulu pernah dibuat takjub," katanya.

"Menggenapi koleksinya, Pulau Moyo pun menawarkan keunikan Air Terjun Diwu Mbai. Lokasinya ada di Labuan Aji dengan karakter bertingkat. Air terjun ini menyatu dengan belantara hutan yang ada di sekitarnya. Beberapa sulur pohonnya bahkan bisa digunakan untuk berayun," sambungnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani mengatakan, Pulau Moyo pun memiliki beragam adrenalin.

"Saat berada di Pulau Moyo dan mengeksplorasi keindahannya, dijamin adrenalin naik. Sebab, semua spot yang ada di sangatlah indah. Dijamin wisatawan akan betah untuk berlama-lama di sana. Destinasi ini bukan hanya indah, tapi suasananya sangat tenang dan alami," kata Ricky.

Ia mencontohkan, keberadaan Air Terjun Sengalo yang dinilainya sangat instagramable.

"Air Terun Sengalo jadi konten terbaik untuk media sosial. Menyatu dengan belantara dan rimbunnya pepohonan, Air Terjun Sengalo juga memiliki 'bathtub' kolam besar dari bebatuan alam dengan warna khas tersebut menjadi favorit para wisatawan untuk berendam, bahkan berenang," katanya.

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar