Dinas Pendidikan DKI buka Asean Robotic Day di SMAN 28 Jakarta

id robotik 28, SMAN 28 Jakarta, Asean Robotic Day, Robotic Day, Pendidikan 4.0, koding, Bekraf, Mendikbud

Dinas Pendidikan DKI buka Asean Robotic Day di SMAN 28 Jakarta

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengoperasikan robot kategori underwater milik salah satu peserta Asean Robotic Day 2019 di SMAN 28 Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2019). (Antara/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Ratiyono membuka acara Asean Robotic Day 2019 di SMAN 28 Jakarta, Jakarta Selatan.

"Acara ini bagus dirancang oleh SMAN 28 Jakarta. Mereka banyak undang peserta dari luar daerah dan juga ada dari negara lain seperti Malaysia dan Filipina. Ini adalah awal memasuki era robotik di dunia pendidikan," kata Ratiyono ditemui ANTARA di SMAN 28 Jakarta, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis.

Baca juga: Produk Automation Robotic Indonesia Bersaing di Pasar Meksiko

Robotic Day merupakan acara kompetisi robotik rutin yang diselenggarakan oleh Robotik 28 yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler SMAN 28 Jakarta yang mendalami bidang robotik.

Hal yang berbeda pada penyelenggaraan Robotic Day 2019 adalah bertambahnya peserta dari luar Indonesia yang perwakilan dari negara Asean mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca juga: Rumah Robot Indonesia ajak pelajar kenali dunia robot

Dengan tema "Benefical Technology for Urban Living", terdapat lima jenis kategori yang dilombakan dalam Asean Robotic Day 2019 yaitu lomba Maze Solving, Sumo, Underwater, Creative dan ASV (Amphibious Solar Vehicle).

Lomba Maze Solving membutuhkan kecerdasan pembuat koding robot agar robot dapat melewati lintasan berupa titik titik garis sesuai jalur yang sudah ditentukan.

Baca juga: Tim robotic MAN Kudus raih penghargaan di Thailand

Selain itu ada juga lomba Sumo yang melibatkan perakitan robot dan ketahanannya dalam melawan robot lainnya di arena layaknya atlet sumo.

Ada juga kategori underwater yang dikhususkan bagi robot yang mampu bekerja di dalam air. Dalam lomba ini robot diberikan misi untuk menghisap kelereng- kelereng yang ada di dalam akuarium, robot dinyatakan berhasil jika dapat menghisap seluruh kelereng yang disediakan panitia.

Kategori ASV (Amphibious Solar Vehicle) merupakan lomba terbaru yang diselenggarakan dalam Robotic Day. Peserta harus memastikan robotnya dapat bergerak baik di jalur darat maupun air dengan bantuan tenaga surya.

Dan kategori terakhir adalah creative yang menuntut kreativitas peserta membuat robot yang memiliki fungsi sesuai kebutuhan masyarakat perkotaan sesuai dengan tema acara Asean Robotic Day 2019.

Selain dihadiri oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dalam acara ini turut hadir Penasehat Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia bidang Inovasi dan Kompetisi yaitu Ananto Kusuma serta Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) yaitu Muhammad Neil El Himam.
 

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar