Peringati Rapat Ikada, Anies ingatkan peran kampung dalam kemerdekaan

id Anies Baswedan,Warga Kampung,Rapat Ikada

Peringati Rapat Ikada, Anies ingatkan peran kampung dalam kemerdekaan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Susylo Asmalyah/Antara

Jakarta (ANTARA) - Dalam memperingati Hari Rapat Raksasa Ikada ke-74 Tahun 2019, di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan peran warga perkampungan dalam kemerdekaan Indonesia.

"Jakarta menjadi satu-satunya provinsi yang memperingati peristiwa IKADA secara rutin. Saya minta kepada semuanya, mari ingat bahwa kemerdekaan ini diperjuangkan oleh rakyat kecil dari kampung-kampung. Karena itu, jangan kita menganggap remeh, merendahkan masyarakat kampung," kata Anies di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wali Kota Jakarta Pusat mengajak ASN memaknai rapat Ikada

Bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Rapat Raksasa Ikada yang dulu dilaksanakan pada 19 September 1945, Anies menceritakan bagaimana di tempat yang sekarang menjadi Lapangan Monas, meski ada larangan tentara Jepang, saat itu ratusan ribu orang berkumpul untuk menegaskan kemerdekaan yang telah diproklamirkan sebulan sebelumnya dan merekatkan pemimpin dengan rakyatnya.

Baca juga: Jaktim ingin semangat Rapat Ikada hasilkan persatuan

Dalam Memaknai peristiwa tersebut, Anies mengajak semua pihak, termasuk jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk meneruskan perjuangan tersebut dan mengimbau jajarannya untuk meluruskan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam membela, mengembangkan dan memastikan pelayanan publik terbaik yang setara untuk seluruh masyarakat Jakarta, termasuk warga yang tinggal di perkampungan.

Baca juga: Pemuda Betawi gelar rekonstruksi rapat besejarah Ikada

"Karena warga perkampungan itulah yang dulu ikut memperjuangkan kemerdekaan. Untuk kita di DKI, hormati dan hargai masyarakat kampung. Buat program-program untuk mengembangkan mereka dan kampungnya untuk menjadikan kampung yang nyaman, sehat dan bersih. Dan kalau keberpihakan itu ada, InsyaAllah bisa jalan," ujar Anies.

Untuk diketahui, upacara peringatan Rapat Ikada itu mengangkat tema "Dengan Mengenang Peristiwa IKADA Kita Jadikan Landasan Pembinaan Kekuatan Guna Menata Kehidupan Bangsa yang Lebih Maju". Upacara turut dimeriahkan oleh Tim Paduan Suara SMK Negeri 26 Jakarta dan Koprs Musik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Dari "Rapat Raksasa Ikada", pemerintah perlu remajakan sejarah

Turut hadir dalam upacara ini, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta, Faisal Syafrudin yang juga bertindak selaku Perwira Upacara; Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis; Para Pejabat, dan segenap ASN Pemprov DKI Jakarta; Ketua Dewan Harian Nasional dan Dewan Harian Daerah Angkatan ’45; Para Pelaku Sejarah Peristiwa Rapat Raksasa IKADA atau keluarga yang mewakili; Para Pejuang dan Anggota Legiun Veteran; Ibu-Ibu Dharma Wanita, PKK, Institusi Kepemudaan dan Organisasi Masyarakat; Unsur TNI dan Polri, Menwa, serta Tagana.

 

Peringatan Rapat Raksasa IKADA 1945


Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar