Jakarta (ANTARA) - Dalam menyambut Formula E 2020 di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan Konvoi Kendaraan Listrik dengan rencana pengalihan arus sepanjang rute konvoi antara Senayan hingga Jalan Monas, , Jumat petang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pengalihan arus lalu lintas tersebut dilakukan di sepanjang rute konvoi yang dimulai dari Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) menuju Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada pukul 15.00-17.00 WIB.

"Pengalihan arus akan dilakukan sepanjang rute konvoi kendaraan listrik dari Parkir Timur Senayan keluar melalui pintu FX Sudirman di Jl. Pintu 1 Senayan-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. M.H. Thamrin-belok kanan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan berakhir masuk ke Monas melalui pintu Silang Monas Barat Daya," kata Syafrin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Syafrin mengatakan jalan akses sepanjang rute konvoi itu akan dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional dan kendaraan dilarang melintas ketika konvoi sedang berlangsung.

"Sementara lalu lintas dari arah Selatan (Blok M atau Senayan) yang akan menuju Utara (Harmoni) dilarang mendahului konvoi yang akan mendapatkan pengawalan dari petugas Polri. Kendaraan masih diperkenankan untuk mengikuti konvoi dari belakang," ucap Syafrin.

Pada jam-jam konvoi tersebut, pihak Dishub DKI Jakarta akan memberlakukan jalur alternatif sebagai berikut: untuk kendaran dari Selatan, Jl. Asia Afrika/Jl. Pintu 1 Senayan-Jl. Gerbang Pemuda-Jl. Jenderal Gatot Subroto-Jl. KS. Tubun -Jl. S. Parman menuju Tomang-Jl. Tomang Raya-Jl. Kyai Caringin-Jl. Balikpapan-Jl. Suryopranoto- dan seterusnya, dengan tetap menyesuaikan pengaturan lalu lintas ganjil genap.

Sedangkan lalu lintas dari arah Utara (Jl. M.H. Thamrin) ke arah Selatan (Jl. Jenderal Sudirman) berlaku normal. Dan angkutan Transjakarta juga masih dapat melayani pelanggan seperti biasa.

"Para pengguna jalan diharapkan menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta yang paling utama, tetap mengutamakan keselamatan selama berkendara di jalan." kata Ujar Syafrin.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019