Trump: Kami membuat banyak kemajuan dengan China

id Pembicaraan dagang,AS,China

Trump: Kami membuat banyak kemajuan dengan China

Dokumentasi - Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan bilateral kedua negara pada KTT pemimpin negara G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). ANTARA/REUTERS/Kevin Lamarque/aa.

Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pemerintahannya "membuat banyak kemajuan" dengan China, pada Jumat saat pembicaraan perdagangan berlanjut hingga hari kedua dan Washington mencabut tarif 400 produk China.

Trump, yang berbicara kepada media di pertemuan Gedung Putih dengan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan Amerika Serikat akan menghilangkan miliaran dolar AS dari tarif yang diberlakukan terhadap produk China, menambahkan bahwa totalnya akan segera mencapai 100 miliar dolar AS.
Baca juga: Perang dagang dampak dari AS tanggapi kurangnya komitmen dari China
Namun, pembicaraan berjalan lancar, katanya. "Saya akan mengatakan ini: Kami mencapai banyak kemajuan dengan China,"kata presiden Partai Republik tersebut.

China sepakat pembelian produk pertanian lebih banyak tidak akan cukup, katanya. "Kami sedang mengupayakan kesepakatan menyeluruh, bukan yang parsial," kata dia, menambahkan bahwa tidak perlu kesepakatan itu terjadi sebelum pemilihan presiden 2020.
Baca juga: China: Tarif AS harus dihapus untuk capai kesepakatan dagang

Pemerintah Trump dan Partai Komunis China masih terpaut jauh tentang isu-isu yang menjadi dasar sengketa perdagangan mereka, termasuk AS yang menyatakan beberapa risiko keamanan nasional pada perusahaan milik negara China dan penolakan Beijing untuk mengubah model ekonomi mereka dengan menghapuskan subsidi perusahaan negara.

Sumber: Reuters

Baca juga: China ajukan kasus tarif ke WTO terhadap Amerika Serikat
Baca juga: Perundingan alami kemajuan, Trump minta China hapus tarif pertanian AS

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar