Ratusan kepala daerah akan dijamu di pinggiran sungai Martapura

id City Sanitation Summit 2019, CSS 2019 di Banjarmasin, sungai Martapura Banjarmasin

Ratusan kepala daerah akan dijamu di pinggiran sungai Martapura

Pedagang pasar terapung Siring Piere Tandean melakukan atraksi Jukung (perahu) di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (06/2/2019). Sebanyak 80 pedagang melakukan atraksi jukung untuk menarik potensi wisata pasar terapung kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin .ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wpa/hp.

Banjarmasin (ANTARA) - Ratusan kepala daerah kabupaten dan kota di Indonesia akan menghadiri jamuan makan malam di pinggiran sungai Martapura Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Senin.

Keberadaan para kepala daerah tersebut dalam rangka mengikuti gelar City Sanitation Summit (CSS) ke-19 pada tahun 2019 di mana Kota Banjarmasin sebagai tuan rumah pada 23--24 September 2019.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H Hamli Kursani di balai kota, Senin mengatakan berdasarkan daftar perwakilan yang sudah datang berasal dari sebanyak 281 kabupaten/kota di Indonesia.

Baca juga: Festival Jukung Hias 34 provinsi tampil di Sungai Martapura

Baca juga: Objek wisata Siring Sungai Martapura akan dikelola profesional


"Untuk kepala daerah dan wakil kepala yang sudah datang itu sekitar 109 orang, ini data malam tadi (Minggu malam), hari ini belum masuk," katanya.

Menurut dia, saat tadi malam itu, para peserta yang sudah datang beserta pendampingnya sudah mencapai 690 orang lebih, di mana targetkan lebih 1.000 orang.

"Kalau kepala daerah yang datang itu targetnya 200 orang lebih," ucap Hamli.

Menurut dia, para peserta CSS akan mendapat jamuan makan pada 23 September 2019 dari pemerintah kota bertempat di siring sungai Martapura di Jalan Sudirman atau depan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

"Saat jamuan makan itu para peserta akan dihibur jukung hias atau jukung tanglong di sungai Martapura," tuturnya.

Menurut dia, Banjarmasin sengaja mengadakan jamuan makan di pinggir sungai untuk memperkenalkan sungai merupakan ikon pariwisata. Sekalian perayaan Hari Jadi (Harjad) ke-493 Kota Banjarmasin. "Ya, ada hiburan-hiburan lainnya juga kita tampilkan, karena mereka para undangan istimewa," ujarnya.

Bahkan, kata Hamli, untuk membuat suasana hikmat dan tidak ada gangguan, jalan Sudirman akan ditutup.

"Acara puncaknya di Hotel Rattan In Banjarmasin pada tanggal 24 September, mereka akan kita undang juga pada perayaan puncak hari jadi di malam itu yang digelar di depan balai kota," tambahnya.

Baca juga: 32 provinsi hadiri Kongres Sungai di Banjarmasin
 

Pewarta : Sukarli
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar