Papua Terkini - Kapolda: Situasi Papua Barat kondusif

id Papua Barat,papua

Papua Terkini - Kapolda: Situasi Papua Barat kondusif

Kapolda Papua Barat Brigjen Herry R Nahak saat ditenui awak media. ANTARA/Toyiban/am.

Manokwari (ANTARA) - Kapolda Papua Barat, Brigjen Herry Rudolf Nahak menyatakan situasi keamanan di wilayahnya cukup kondusif.

Ditemui di Manokwari, Senin, Rudolf mengutarakan, dari 13 kabupaten/kota di daerah tersebut tidak satu pun ada gerakan massa yang hendak melakukan unjuk rasa.

Baca juga: 200 anak sekolah bakar kantor bupati Jayawijaya

Baca juga: 318 Pendemo diamankan di Mako Brimob Polda Papua di Jayapura

Baca juga: Danrem 172/PWY : Oknum warga menyamar jadi pelajar saat demo di Wamena

Baca juga: Papua Terkini - Satu prajurit TNI gugur diserang massa demo AMP


"Seperti kita ketahui bersama Manokwari hari ini kondusif. Tidak ada gerakan massa. Justru masyarakat sekarang sedang berkabung mengiring pemakaman seorang tokoh yakni almarhum bapak Abraham Oktavinus Atururi," sebut Kapolda.

Begitu pula di Kota Sorong, Fakfak serta daerah lain, tidak ada aksi massa pada Senin (23/9). Ia berharap situasi keamanan di Papua Barat terus kondusif agar pembangunan dan aktivitas masyarakat berjalan lancar.

Ia menjelaskan, Polda Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari serta pemerintah daerah terus berkoordinasi. Semua pihak bersepakat untuk mengambil langkah antisipasi semaksimal mungkin terhadap segala potensi gangguan keamanan.

"Kita terus berusaha mendapat informasi lebih awal sebelum muncul ke permukaan. Lalu pihak-pihak yang selama ini menjadi provokator sudah kita tandai dan kita monitor lebih dekat," sebutnya lagi.

Upaya pencegahan, lanjut Herry, dikedepankan dengan mengoptimalkan peran personel di setiap satuan. Polda, Kodam dan Pemprov Papua Barat terus menjaga agar situasi keamanan di daerah ini selalu terkendali.

Seperti telah dikatakan sebelumnya, untuk menjaga stabilitas keamanan, Papua Barat masih dibantu pasukan bawah kendali operasi (BKO) Brimob sebanyak 18 SSK. Mereka ditempatkan di wilayah Manokwari, Sorong dan Fakfak.

"Belum ada perintah penarikan, artinya sebelum bapak Kapolri memerintahkan untuk menarik pasukan ke daerah asal mereka akan tetap di sini," ujarnya lagi.

Pewarta : Toyiban
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar