Nanti terintegrasi ke fasilitas dermaga sungai
Banjarmasin (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah Banjarmasin yang akan dilengkapi dengan akses langsung ke jalur Sungai Martapura diresmikan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina tepat di peringatan Hari Jadi ke-493 Kota Banjarmasin, Selasa.

Ibnu Sina dalam peresmian RSUD yang beralamat di Jalan RK Ilir Banjarmasin Selatan tersebut mengatakan, karena RSUD itu menghadap sungai Martapura, maka akan dibangunkan dermaga sungai untuk akses ke RSUD ini.

"Karena RSUD ini milik kota seribu sungai, maka akan ada akses jalur sungai ke RSUD ini, akan kita bangun dermaganya tahun depan," ujarnya.

Bahkan, kata dia, pemerintah kota sudah memesan pula ambulans sungai bagi fasilitas pelayanan masyarakat ke RSUD milik Pemkot Banjarmasin tersebut.

"Jadi warga yang tinggal di pinggiran sungai dapat memanfaatkan ambulan sungai itu nantinya jika ingin ke RSUD ini," papar Ibnu Sina.

Baca juga: Pawai kelotok hias bakal ramaikan Harjad Banjarmasin


Selain itu, fasilitas yang sedang dibangun tahun ini untuk RSUD ini adalah gedung tiga lantai yang akan dimanfaatkan bagi ruang inap pasien.

"Semua akan terintegrasi ke UGD, termasuk nantinya ke fasilitas dermaga sungai," tuturnya.

Menurut dia, untuk pengembangan RSUD ini masih dibutuhkan sekitar Rp50 miliar lagi agar betul-betul bisa sempurna baik sarana maupun prasarananya.

"Insyaallah dialokasikan pada APBD 2020," tuturnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Muchli Riyadi, bahwa RSUD ini juga akan menambah tempat tidur sebanyak 100 buah pada tahun 2020.

"Sekarang ini memang  masih sedikit, khususnya ICU hanya dua tempat tidur," paparnya.

RSUD ini memiliki SDM sekitar 200 orang, di mana dokter spesialis ada sebanyak 22 orang.

"Untuk pasien miskin bisa gratis di sini melalui program Jamkesda," ucapnya.

Adapun pelayanan yang tersedia adalah poliklinik anak, poliklinik bedah, poliklinik gizi, poliklinik medical check up, poliklinik saraf, poliklinik THT, poliklinik jiwa, poliklinik penyakit dalam.

Selanjutnya, poliklinik kebidanan dan kandungan, poliklinik rehab medik dan poliklinik gigi dan mulut.

"RS ini juga sudah bisa melayani pasien rawat inap dan beroperasi untuk layanan 24 jam," paparnya.


Baca juga: Ratusan kepala daerah akan dijamu di pinggiran sungai Martapura

Pewarta: Sukarli
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019