tercatat 30 meninggal dunia, 73 luka-luka, 20 sudah dievakuasi ke Jayapura, yang mengungsi 6.500 orang
Jayapura (ANTARA) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya dr.Felly Sahureka mengaku total pasien luka akibat kerusuhan anarkis sejak hari kejadian yakni Senin (23/9) hingga Kamis (26/9) sebanyak 71 pasien, tetapi banyak di antaranya yang sudah pulang.

"Dari 71 pasien itu, 20 orang di antaranya  telah dirujuk ke RS di luar Wamena, ada pula yang sudah dipulangkan, sedangkan pasien yang lainnya  masih dirawat di bangsal satu, untuk tindakan operasi dan lain-lain," kata dr Felly ketika di konfirmasi dari Jayapura, Jumat.

Menurutnya, pasien yang masih dirawat di RSUD ini lukanya bervariasi, ada yang luka bakar, luka karena patah tulang dan luka tembak.

"Semua dokter, perawat, bidan, beserta semua petugas telah bekerja sama melayani pasien bahkan ada bantuan perawat-perawat dari puskesmas yang tutup pascademo yang berujung rusuh ini," katanya menanggapi situasi Papua terkini.

Baca juga: Papua Terkini- Lanny Jaya ungsikan guru dan tenaga medis

Ada sekitar 10 orang tenaga medis, kata Felly, yang diperbantukan dari luar RSUD Wamena, seperti dari Puskesmas, bahkan tenaga dokter dari kabupaten lain, seperti dari Kabupaten Lanny Jaya.

"Kami sangat berterima kasih untuk itu, tetapi sampai saat ini karena petugas kita juga rata-rata memang  mengungsi sehingga kita keterbatasan tenaga," ujarnya.

Ia mengatakan hingga kini ada dua tim yang diperbantukan dari crisis center provinsi yang sudah tiba, dan juga dari AU dan AD berjumlah 30 tenaga kesehatan.

"Sehingga pasien patah tulang akan ditangani langsung oleh dokter ortopedi yang dikirim dari kesatuan itu, sehingga bisa membantu kita untuk pelayanan operasi selain dokter bedah yang ada di sini dua dokter, ditambah satu dokter dari Lanny Jaya yang membantu," ujarnya.

Baca juga: Papua Terkini- Dua jenazah penembakan di Ilaga diterbangkan ke Mimika


Pihaknya juga berterima kasih kepada pemerintah Lanny Jaya dan RSUD Tiom yang telah memberikan izin agar dokternya membantu di Wamena.

Felly menambahkan ketersediaan obat sampai saat ini masih cukup di RSUD, namun dengan keadaan yang tidak terduga ini, pihaknya pun sudah meminta pasokan obat dari provinsi.

"Untuk di tempat pengungsian, kami sudah koordinasi dengan dinas kesehatan dan sampai saat tim dari Jayapura tiba, sehingga ada 58 orang tenaga, kami akan membuat posko kesehatan di tempat-tempat pengungsian untuk lakukan pelayanan kesehatan," ujarnya menanggapi situasi Papua terkini.

Pada aksi unjuk rasa yang berujung rusuh pada Senin (23/9) itu tercatat 30 orang meninggal dunia, 73 orang luka-luka, 20 orang sudah dievakuasi ke Jayapura, Sedangkan warga yang mengungsi mencapai 6.500 orang.

Demonstrasi yang berujung rusuh itu juga mengakibatkan ratusan bangunan milik pemerintah maupun swasta rusak atau dibakar oleh pendemo.


Baca juga: TNI AU tindak pemeras pengungsi Jayawijaya

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019