Pada hari keempat usai rusuh, PLN berhasil memulihkan 50 persen jaringan distribusi di Wamena, total 82 dari 142 gardu telah beroperasi kembali.
Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) membuka posko pelayanan sementara setelah kondisi berangsur pulih di Jalan Yos Sudarso Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

General Manager PLN UIWP2B Ari Dartomo di Jayapura, Sabtu, mengatakan posko ini dibuka untuk melayani para pelanggan yang memiliki masalah pada jaringan atau meteran dampak kejadian pada awal minggu lalu.

"Posko pelayanan beroperasi dari pukul 08.00 WIT hingga 16.00 WIT, di mana pelanggan yang hingga kini belum mendapatkan pasokan listrik secara normal atau memiliki masalah terkait kelistrikan, bisa datang ke lokasi untuk menyampaikan pengaduan," katanya.

Menurut Ari, meski untuk sisi pelayanan masih terbatas, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mengakomodir kebutuhan listrik masyarakat yang terdampak kejadian tersebut.

"Pada hari keempat usai rusuh, PLN berhasil memulihkan 68 persen jaringan distribusi di Wamena, total 83 dari 142 gardu telah beroperasi kembali," ujarnya.

Baca juga: Papua Terkini- Budi Karya: Bandara Wamena masih aman, tidak rusak

Dia menjelaskan per Jumat (27/9), PLN fokus menormalkan gardu di beberapa titik, seperti: jl. Ahmad Yani, jl. Diponegoro, jl. Thamrin, jl. Pattimura, jl. Gatot Subroto, jl. Trikora dan jl. Pramuka di mana hingga kini jaringan sepanjang 112 kms dari 180 kms telah teraliri listrik.

"Sudah ada progres, bertahap, untuk Sabtu (28/9) kami akan tetap berupaya membenahi jaringan di beberapa lokasi, semoga kondisi semakin aman," katanya lagi.

Dia menambahkan pada Jumat malam (27/9), beban puncak di Wamena mencapai 4,1 MW dengan daya mampu pembangkit sebesar 6 MW, daya tersebut disokong oleh PLTMH Walesi, PLTH dan PLTD Sinagma.
Baca juga: Papua Terkini - PLN kerahkan 45 personel pulihkan listrik di Wamena

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019