Penanaman pohon ini bentuk kepedulian siswa dan sekolah dalam melestarikan lingkungan hutan di Tulungagung
Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Tulungagung, Jawa Timur, Minggu menggelar acara bakti sosial penghijauan di dalam kawasan lindung lereng Gunung Wilis dengan menanam aneka bibit tanaman buah di area lahan yang gundul.

Bakti lingkungan menanam pohon siswa itu juga diikuti pula belasan tim sukarelawan sendang (kolam di pegunungan), pegiat lingkungan dan jajaran Perhutani.

Kepala MTsN 6 Tulungagung M Asrori menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang akan jatuh pada 1 Oktober nanti.

"Penanaman pohon ini bentuk kepedulian siswa dan sekolah dalam melestarikan lingkungan hutan di Tulungagung," kata Asrori.
 
Sejumlah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Tulungagung menanam bibit tanaman keras di aksi bakti tanam pohon dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di kawasan hutan lindung lereng Gunung Wilis, Desa Geger, Tulungagung, Jatim, Minggu (29/9/2019). (FOTO ANTARA/IST)

Mengambil lokasi penanaman pohon di kawasan hutan lindung, lereng Gunung Wilis, Desa Geger, Kecamatan Sendang, para siswa yang awalnya diangkut menggunakan kendaraan roda empat harus berjalan kaki mengikuti jalan setapak cukup jauh.

Namun jalan terjal dan menanjak tidak menyurutkan semangat para siswa, guru, pegiat pramuka dan sukarelawan untuk mencapai titik lokasi lahan hutan lindung yang telah gundul.

Sesampai di lokasi, mereka dengan menggunakan cangkul dan aneka peralatan yang dibawa mulai menanam aneka bibit pohon yang telah disiapkan, seperti bibit tanaman buah durian, alpokat, nangka, aren, rambutan, dan beberapa jenis tanaman buah lainnya.

"Alhamdulillah, Desa Geger sudah mulai turun hujan. Insya Allah tanamannya banyak yang hidup," demikian Asrori. 


Baca juga: Peladang hutan Tulungagung budidaya lebah klanceng

Baca juga: Kadishut Jatim sebut ada maling di kasus hilangnya belasan sonokeling

Baca juga: LSM laporkan pembalakan liar puluhan pohon sonokeling di Tulungagung

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019