Dari satelit terpantau adanya awan gelap atau yang biasa disebut awan cumulonimbus (CB). Terdeteksi awan ini akan muncul di atas wilayah Raja Ampat
Manokwari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan disertai petir di wilayah Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pada Senin (30/9) hingga Selasa (1/10).

"Dari satelit terpantau adanya awan gelap atau yang biasa disebut awan cumulonimbus (CB). Terdeteksi awan ini akan muncul di atas wilayah Raja Ampat," kata Kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari, Denny Putiray di Manokwari, Minggu.

Kondisi serupa berpotensi terjadi di wilayah Teluk Cenderawasih serta perairan Sarmi Jayapura Provinsi Papua.

Ia menjelaskan, awan CB dapat menimbulkan hujan lebat, angin kencang hingga guntur kilat. Masyarakat diminta waspada saat melakukan aktivitas di laut.

"Wilayah Papua dan Papua Barat ini 'kan nelayan cukup banyak, ada juga masyarakat biasa yang punya hobi memancing. Maka sebelum beraktivitas ada baiknya perhatian kondisi cuaca," katanya.

Pihaknya memperkirakan, awan gelap ini muncul antara pukul 09.00 WIT pada Senin (30/9) hingga pukul 09:00 WIT pada Selasa (1/10).

Untuk Papua Barat selama dua hari ke depan, kata dia, di seluruh daerah diperkirakan akan terjadi hujan lokal. Hujan tersebut tidak merata di setiap wilayah.

Khusus untuk Manokwari, kata dia, cuaca umum cerah berawan. Hujan ringan cukup berpotensi, namun tidak akan terjadi secara merata.

"Minggu sore tadi awan di Manokwari cukup gelap, ada hujan juga meskipun ringan. Untuk besok kemungkinan awan gelap akan muncul lagi," katanya.

Kecepatan angin secara di atas wilayah perairan Manokwari pada dua hari kedepan diperkirakan akan berada pada kisaran 5 hingga 10 knots atau 10-20 km/jam. tinggi gelombang Laut rata-rata berkisar antara 0,5 meter hingga 1 meter dengan ketinggian maksimum 1,5 meter, demikian Denny Putiray.

Baca juga: BMKG : Waspadai cuaca ekstrim di Raja Ampat-Sorong

Baca juga: Perahu mesin dengan 15 penumpang hilang di perairan Raja Ampat

Baca juga: Dua rumah tertimbun longsor di Raja Ampat

Pewarta: Toyiban
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019