Meski untuk sisi pelayanan masih terbatas, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengakomodasi kebutuhan listrik masyarakat yang terdampak
Jakarta (ANTARA) - PLN membuka posko pelayanan sementara di Jl. Yos Sudarso, Wamena, setelah kondisi berangsur pulih pascaaksi massa senin lalu.

Posko ini untuk melayani para pelanggan yang memiliki masalah pada gangguan jaringan atau meteran dampak kejadian pada awal minggu lalu.

Posko pelayanan beroperasi dari pukul 08.00 WIT hingga 16.00 WIT. Pelanggan yang sampai saat ini belum mendapatkan pasokan listrik secara normal atau memiliki masalah terkait kelistrikan, bisa datang ke lokasi untuk menyampaikan pengaduan, menurut data yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

“Meski untuk sisi pelayanan masih terbatas, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengakomodasi kebutuhan listrik masyarakat yang terdampak," ujar General Manager PLN UIWP2B, J. A. Ari Dartomo.

Baca juga: Papua Terkini - TNI bantu evakuasi ribuan warga pendatang dari Wamena

Sedangkan untuk kondisi kelistrikan pada hari keempat pascarusuh, PLN berhasil memulihkan 68 persen jaringan distribusi yang ada di Wamena. Total 83 dari 142 gardu telah beroperasi kembali.

Hari ini PLN fokus menormalkan gardu di beberapa titik, seperti: jl. Ahmad Yani, jl. Diponegoro, jl. Thamrin, jl. Pattimura, jl. Gatot Subroto, jl. Trikora dan jl. Pramuka. Hingga kini jaringan sepanjang 112 kms dari 180 kms telah teraliri listrik.

“Sudah ada progress. Bertahap. Fokus kami untuk membenahi jaringan di beberapa lokasi. Semoga kondisi semakin kondusif.” tambahnya.

Pada Jumat malam, beban puncak di Wamena mencapai 4,1 MW dengan daya mampu pembangkit sebesar 6 MW. Daya tersebut disokong oleh PLTMH Walesi, PLTH dan PLTD Sinagma.

Selain progress perbaikan dari sisi jaringan terus dikerjakan, PLN juga berupaya agar keandalan pembangkit tetap terjaga. Diharapkan selain kondisi Wamena semakin kondusif, sistem kelistrikan juga dapat segera pulih.

Baca juga: Papua terkini - PLN buka posko pelayanan sementara di Wamena
Baca juga: Papua Terkini - PLN kerahkan 45 personel pulihkan listrik di Wamena


Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019