Buat Indonesia, ini betul-betul kesempatan untuk kita banyak belajar
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Indonesia perlu memanfaatkan momentum keterbukaan China dalam transfer teknologi kereta cepat untuk nantinya bisa menjadi produsen semua jenis kereta.

"Mengingat ini betul-betul kereta cepat pertama di Asia Tenggara, jadi buat Indonesia, ini betul-betul kesempatan untuk kita banyak belajar dan juga memang Republik Rakyat Tiongkok bersikap sangat terbuka mengenai transfer teknologi. Jadi, ini harus betul-betul kita manfaatkan, sehingga kami sangat berharap Indonesia nantinya bisa menjadi salah satu negara yang memiliki kemampuan dalam membangun kereta, mulai dari kereta yang biasa, MRT dan LRT hingga kereta cepat," kata Menteri Rini di Cikarang, Jawa Barat, Senin.

Rini melihat adanya kerja sama yang baik antara konsorsium Indonesia dan Tiongkok dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan dirinya juga berterima kasih karena putra-putri Indonesia juga bisa mendapatkan pelatihan di Tiongkok untuk membangun kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Penting juga putra-putri Indonesia akan mengikuti pelatihan untuk pengoperasian kereta cepat tersebut," katanya usai meresmikan pemasangan balok beton (girder) pertama kereta cepat rute Jakarta-Bandung.

Baca juga: Menteri BUMN resmikan pemasangan girder pertama kereta cepat

Menurut Menteri BUMN, untuk kereta biasa Indonesia sudah memiliki pasar di negara-negara lain seperti Bangladesh, Laos, Filipina dan sebentar lagi di Afrika.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Indonesia memiliki empat syarat khusus untuk investasi yang masuk ke dalam negeri, sehingga tidak sembarang menarik investasi asing masuk, termasuk yang berasal dari China.

Keempat syarat itu yakni teknologi yang ramah lingkungan, melakukan transfer teknologi, mendidik tenaga kerja lokal, serta memberikan nilai tambah bagi industri.

Luhut menegaskan teknologi transfer juga harus dilakukan melalui investasi. Demikian pula nilai tambah bagi industri yang diharapkan dari investasi.

Baca juga: Jepang sepakati alih teknologi revitalisasi jalur kereta ke Indonesia
Baca juga: JK: Kereta cepat bisa jadi pesaing alat transportasi udara

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019