Yang pasti kami selalu berkoordinasi, baik dengan Pemprov Jatim maupun Pemprov Papua, termasuk menerima keinginan mereka masing-masing, tutur Johannes
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, menjamin keamanan warga asal Jawa Timur yang mengungsi ke wilayahnya menyusul insiden kerusuhan di Wamena beberapa waktu lalu.

"Mereka aman dan sehat. Kami memberikan jaminan kesehatan maupun keamanan," ujar Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob usai bertemu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin.

Ia menyampaikan, sampai saat ini terdapat 44 jiwa warga Jatim yang tinggal Wamena memutuskan mengungsi ke Mimika, dan seluruhnya memiliki keinginan kembali.

"Tadi malam saya bertemu dan berkomunikasi dengan mereka. Rata-rata punya keinginan untuk kembali ke Jatim," ucap orang nomor dua di Pemkab Mimika tersebut.

Baca juga: Kemkes: Jumlah pengungsi Wamena di Jayapura sekitar 500 orang

Menurut dia, dipilihnya Mimika untuk mengungsi karena menjadi salah satu lokasi di Papua yang relatif lebih aman dan kondusif.

"Yang pasti kami selalu berkoordinasi, baik dengan Pemprov Jatim maupun Pemprov Papua, termasuk menerima keinginan mereka masing-masing," tutur Johannes.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emi Elestianto Dardak menjelaskan, kondisi warga Jatim di beberapa daerah di Papua masih terpantau dan pihaknya akan memfasilitasi para pengungsi jika ingin kembali.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah warga yang akan dipulangkan, namun diakui seluruhnya tetap dalam pengawasan.

Baca juga: Kemenhub siapkan kapal dan pesawat evakuasi pengungsi kerusuhan Wamena

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan telah menurunkan tim untuk berangkat ke Papua melakukan komunikasi dengan warga Jatim di sana.

Tim terdiri dari perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Dinas Sosial Provinsi Jatim.

Jika warga ingin kembali ke Jatim, kata dia, Pemprov akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar disiapkan armada laut dan pesawat Hercules.

Baca juga: ACT siap bantu angkut pengungsi korban kerusuhan Wamena

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019