Upacara Kesaktian Pancasila KBRI Beijing digelar sore hari

id kesaktian pancasila, hari nasional china,parade militer china,kesaktian pancasila di Beijing

Upacara Kesaktian Pancasila KBRI Beijing digelar sore hari

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di KBRI Beijing pada Selasa (1/10) berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena digelar pada sore hari. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Beijing (ANTARA) - Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kedutaan Besar RI di Beijing digelar pada sore hari karena bersamaan dengan rangkaian kegiatan perayaan Hari Nasional China yang ke-70 di Tiananmen sejak Selasa pagi.

Upacara digelar secara sederhana di ruang serba guna KBRI Beijing mulai pukul 15.10 hingga 15.30 waktu setempat (14.10-14.30 WIB).

"Sejak pagi saya, Atase Pertahanan, Atase Udara, dan Atase Laut menghadiri rangkaian peringatan Hari Nasional. Jadi upacara baru digelar pada sore hari," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun yang ditemui seusai memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Baca juga: Konservatorium Musik China setujui rencana pembangunan "Indonesia Center"

Mantan Dubes RI untuk Rusia itu ke KBRI sejenak untuk memimpin upacara sebelum kembali lagi ke kawasan Tiananmen untuk menghadiri rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun berdirinya RRC.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila pun diikuti sekitar 100 staf KBRI dan pelajar asal Indonesia di China yang sedang libur selama tujuh hari dalam peringatan Hari Nasional.

"Semoga kita menjadi bangsa yang Pancasilais," pesan Dubes Djauhari sebelum mengakhiri upacara tersebut.

Baca juga: KBRI Beijing-Ritz Carlton gelar festival kuliner nusantara

Pada tahun-tahun sebelumnya, upacara Hari Kesaktian Pancasila di KBRI Beijing digelar pada pagi hari.

Peringatan 70 tahun RRC diisi berbagai kegiatan mulai Senin (30/9) hingga Selasa malam. Puncak peringatan ditandai dengan parade militer yang dipusatkan di Tiananmen pada Selasa pagi hingga siang.

Beberapa ruas jalan utama, termasuk kereta bawah tanah di seputaran Tiananmen ditutup sementara. Beberapa bus kota juga mulai beroperasi pada sore hari. 

Baca juga: Murid SD Beijing kunjungi KBRI jelang HUT RRC
 

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar