Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, berhasil meringkus tiga pelaku pembobol ATM dengan modus ganjal kartu yang merupakan jaringan antarprovinsi yang kerap beraksi di sejumlah wilayah di Cianjur.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Supriyanto di Cianjur, Rabu, mengatakan tertangkapnya ketiga orang tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang resah akibat aksi para pelaku.

Baca juga: Polda Metro Jaya bekuk komplotan pembobol ATM modus matikan listrik

"Kami mengirim anggota untuk melakukan pengintaian terhadap pelaku yang beraksi dengan cara mengganjal lubang tempat memasukkan kartu di mesin ATM. Selang beberapa hari anggota dapat meringkus tiga orang pelaku," katanya.

Aksi tersebut dilakukan di sejumlah mesin ATM yang ada di wilayah hukum Cianjur. Sehingga mereka dengan mudah mendapatkan uang milik korban yang tidak keluar karena lubang mesin kartu ATM diganjal.

"Berdasarkan keterangan dari ketiga pelaku, mereka baru beraksi pertama kali di Cianjur, namun kami akan melakukan penyelidikan dan pengembangan karena pelaku sudah terbiasa dalam beraksi," katanya.

Ia menjelaskan, ketiga orang yang ditangkap merupakan warga Bandung dan Lampung yang diduga merupakan jaringan pembobol ATM antarprovinsi yang sudah kerap beraksi diberbagai wilayah dan antarpulau.

"Dari tangan pelaku AS, ER dan RS, petugas berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp2.800.000, sejumlah ATM dan beberapa barang bukti lain untuk melancarkan aksinya. Pelaku akan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara tujuh tahun," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019