Penekanan adalah di sumber daya manusia sehingga nanti anda bisa melihat berbagai macam program
Jakarta (ANTARA) - Pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi fokus dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Penekanan adalah di sumber daya manusia sehingga nanti anda bisa melihat berbagai macam program yang langsung terkait pada peningkatan kualitas SDM," kata Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis.

Sebelumnya dalam sambutan pembukaan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Presiden Joko Widodo meminta dilakukan reformasi pemerataan kualitas pendidikan.

Baca juga: Menteri PPN laporkan capaian perkembangan ekonomi 2014-2019

Selain itu Jokowi mengarahkan program latihan kewirausahaan yang dimiliki masing-masing kementerian dan lembaga juga bisa disinergikan.

Namun demikian, Bambang menambahkan pembangunan infrastruktur masih menjadi perhatian dalam pembangunan kedepan.

"Tetapi infrastruktur yang akan dibangun lima tahun kedepan adalah infrastruktur yang memperkuat keberadaan pusat-pusat kegiatan ekonomi baik itu industri, pariwisata, perdagangan, dan pertanian," kata Bambang.

Presiden telah memimpin sidang kabinet paripurna terakhir Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla 2014-2019.

"Keandalan proses eksekusi, efektivitas proses delivery harus menjadi penekanan dalam rancangan RPJMN tahun 2020-2024," demikian Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi tekankan pembangunan SDM dalam RPJMN 2020-2024
Baca juga: Pemerintah bahas evaluasi RPJMN 2015-2019

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019