Lebak, Banten (ANTARA) - Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lebak Deden Al-Farhan menegaskan TNI hingga kini tetap berkomitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, dan melindungi masyarakat.

"Kami mengucapkan terimakasih dan pengormatan setinggi-tingginya kepada TNI yang menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila juga melindungi seluruh rakyat Indonesia," kata dia, saat menanggapi peringatan HUT Ke-74 TNI, Minggu.

Selama ini, kata dia, TNI sangat dicintai masyarakat karena perjalanan usianya, TNI banyak mengalami cobaan baik dari dalam maupun dari luar tubuh TNI itu sendiri. Perjalanan TNI tahun ke tahun terus ditingkatkan profesional dalam menjaga dan mengawal NKRI dan Pancasila walau kehadiran TNI di kancah dunia semakin diakui.

Selain itu TNI bukan hanya alat pertahanan negara saja, namun memiliki tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat. 

Menurut dia, dewasa ini, perjuangan TNI kembali diuji karena ada kelompok-kelompok tertentu yang berkeras ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Selain itu juga ada kelompok bersenjata yang menginginkan lepas dari NKRI; adapun kelompok orang yang ingin mendirikan negara di dalam negara Indonesia dapat digolongkan sebagai separatis dalam kelas musuh negara. 

Karena itu, kehadiran TNI sebagai alat negara dan pemersatu bangsa tetap harus selalu ada.  "Kami minta TNI tetap bertindak tegas terhadap kelompok-kelompok yang menginginkan mengganti Pancasila juga kelompok bersenjata," katanya.

Ia mengatakan, TNI juga sangat dinamis dalam merespon perubahan dan perkembangan zaman dan hal itu disadari bahwa TNI bukan hanya berjuang untuk pertahanan dan keamanan.

TNI juga berturut mensukseskan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, di antaranya program TNI Manunggal Masuk Desa merealisasikan pembangunan jalan pedesaan, menjadi pendamping petani untuk meningkatkan swasembada pangan juga peningkatan ekonomi petani, hingga menyukseskan program Keluarga Berencana.

"Kita yakin TNI memiliki tanggung jawab, selain sebagai alat pertahanan negara juga berturut membantu untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019