Gorontalo (ANTARA) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyebut akan menggelar 50 festival pada tahun 2020 yang termotivasi dari Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan pariwisata.

"Kolaborasi dan melihat kembali potensi wisata Gorontalo itu sebenarnya apa kekuatannya, oleh sebab itu perlu adanya kolaborasi antara pihak pusat, kemudian kabupaten dan juga swasta dalam mengelola wisata di Gorontalo," ujarnya di Gorontalo, Ahad.

Menurutnya, perlu adanya pengetahuan lebih tentang kekuatan dari setiap obyek wisata yang dimiliki.

"Gorontalo ini terkenal dengan pariwisata alam, kemudian budayanya dan itulah yang harus dikelola secara bersama-sama," ucap Hamim.

Baca juga: Manado dinilai potensial menjadi pusat jaringan wisata wilayah timur

Baca juga: Menpar: Gorontalo harus jadikan Manado sebagai "hub" pariwisata


Permasalahannya saat ini adalah akses, termasuk infrastruktur, kemudian atraksi dan kegiatan yang terencana.

"Kemudian akomodasi, transportasi yang harus tersedia dengan banyak, jika hal ini diurus dengan baik, maka pariwisata akan berkembang," jelasnya.

Selain itu, setiap lapisan masyarakat harus memiliki sikap terbuka, jangan sampai wisatawan hanya berhenti hingga ke Manado. Mereka hendaknya juga ke Gorontalo.

"Jangan sampai membuat wisatawan bosan, oleh sebab itu ini merupakan kesempatan bagi Gorontalo untuk membuat beragam kegiatan, atraksi dan makanan berselera untuk menarik minat wisatawan untuk masuk ke Gorontalo," katanya.*

Baca juga: Pencanangan Gorontalo Karnaval Karawo 2019 akan dihadiri ribuan warga

Baca juga: Deputi BI nilai pariwisata Gorontalo indah dan unik

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019