Peringatan gelombang tinggi Laut Jawa dikeluarkan BMKG

id prakiraan cuaca,peringatan cuaca,bmkg,laut jawa

Peringatan gelombang tinggi Laut Jawa dikeluarkan BMKG

Sejumlah anak bermain di antara ombak di pantai Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019). BMKG menyatakan gelombang di perairan laut Jawa mencapai 3 meter akibat angin kencang. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya gelombang laut setinggi 0,7-1,5 meter yang berpeluang terjadi di Selat Karimata dan Laut Jawa bagian barat.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta melalui laman resmi BMKG, Minggu malam, disebutkan bahwa peringatan tersebut berlaku pada 6 Oktober pukul 19.00 WIB hingga Senin (7/10) 2019  pukul 07.00 WIB.

Siklon tropis riley pengaruhi gelombang tinggi di Laut Jawa


Berdasarkan pengamatan dan pengumpulan data dari Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok, Jakarta Utara, disebutkan kondisi sipnotik berupa angin terjadi di perairan utara Belitung, Selat Gelasa, Selat Karimata yang bertiup dari arah tenggara hingga selatan serta angin di Laut Jawa bagian barat, Kepulauan Seribu, dan utara Jawa Barat yang bertiup dari arah timur hingga selatan, akan memiliki kecepatan berkisar delapan sampai 20 knots.

BMKG juga menyatakan bahwa selain angin kencang dan gelombang tinggi, daerah di kawasan utara Pulau Jawa juga akan mengalami hujan ringan dan cerah berawan.

Baca juga: Gelombang tinggi di Laut Jawa kapal diminta berhati-hati

Baca juga: Tinggi gelombang Samudera Hindia selatan Jawa Tengah enam meter

Baca juga: Sisa badai Iggy pengaruhi gelombang laut selatan Jawa

Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar