Jakarta (ANTARA) - Bukalapak mengumumkan kerja sama dengan Google Bisnisku untuk memasukkan warung yang menjadi mitra mereka ke aplikasi Google Maps.

"Kami bekerja sama dengan Google untuk meluncurkan Mitra Bukalapak di Google Bisnisku," kata Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Mitra Bukalapak merupakan program dari perusahaan rintisan unicorn tersebut untuk warung atau toko kelontong agar ikut terjangkau teknologi dalam berbisnis.

Mitra Bukalapak diluncurkan pada 2017 dan saat ini sudah 2,5 juta warung di seluruh Indonesia yang bergabung dalam program tersebut.

Sementara Google Bisnisku, atau My Business, merupakan tempat untuk mendaftarkan bisnis misalnya restoran atau kedai kopi, agar tampil di platform Google.

Pada tahap awal kerja sama Bukalapak dengan Google Bisnisku, sudah ada 100.000 warung yang tergabung dalam Mitra Bukalapak yang terdaftar di Google Bisnisku.

Setelah terdaftar, warung Mitra Bukalapak akan muncul di laman pencarian Google atau Google Maps.

Buhari, seorang pemilik warung yang mengikuti program Mitra Bukalapak sejak dua tahun belakangan, berpendapat kerja sama itu akan meningkatkan daya saing usahanya karena warungnya masuk ke laman pencarian Google, seperti toko-toko besar lainnya.

"Kalau di Google, biasanya yang muncul penjual besar seperti minimarket. Dengan Bukalapak memberi kemudahan untuk daftar ke Google Bisnisku, warung menjadi punya daya saing dengan minimarket," kata Buhari.

Baca juga: Co-founder BukaLapak raih Satyalancana Wira Karya

Baca juga: BukaLapak berencana kembangkan fitur syariah

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019