Padang, (ANTARA) - Ombudsman perwakilan Sumatera Barat mengajak pelajar di Kota Padang melakukan observasi tentang pelayanan publik di bidang transportasi serta fasilitas umum untuk pejalan kaki sebagai bagian dari kelas pelayanan publik bagi siswa.

“Para pelajar tersebut kami ajak mengamati pelayanan angkutan umum Trans Padang, layanan trotoar bagi pejalan kaki, dan Mal Pelayanan Publik," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan, sebelumnya para siswa telah dibekali pengetahuan tentang Ombudsman, pelayanan publik, bentuk- bentuk penyimpangan atau maladministrasi pelayanan publik, dan teknik pengambilan video dan foto.

“Kemudian ada sedikit teknik investigasi juga yang diajarkan,” ujarnya.


Pada hari ini para siswa melakukan praktik bagaimana mengobservasi langsung dan menemukan sendiri maladministrasi yang terjadi.

Yefri menyampaikan hal ini merupakan cara Ombudsman mengenalkan bagaimana kelompok masyarakat termasuk pelajar, bisa terlibat dalam pengawasan pelayanan publik.

"Mereka harus mampu menemukan potensi maladministrasi, tahu bagaimana mengadvokasi dan hingga melaporkan ke Ombudsman, dengan begitu pelajar akan lebih kritis dan peka terhadap permasalahan pelayanan publik,” katanya.

Salah seorang peserta Siti Sarah mengaku senang bisa ikut kelas pelayanan publik karena bisa tahu sejak dini, dan bisa ikut melakukan pengawasan pelayanan publik,

Siswi MAN 1 Padang itu mengaku menemukan berbagai potensi maladministrasi pada fasilitas publik seperti jalan dan trotoar.

Ia dan kawan-kawannya menemukan jalan yang berlubang, lampu jalan rusak dan tidak diperbaiki hingga sampah berserakan di trotoar.

Demikian juga di angkutan Trans Padang dijumpai keluhan masyarakat terkait kewajiban menggunakan uang elektronik, penggunaan kursi bagi penyandang disabilitas yang tidak sesuai.

Kelas pelayanan publik digelar sebagai bentuk pelatihan pengawasan partisipatif guna mengenalkan kepada pelajar tentang Ombudsman, mengenal bentuk bentuk maladministrasi, termasuk praktik berupa investigasi dan observasi ke unit layanan publik.

Baca juga: Ombudsman selenggarakan lomba debat pelayanan publik tingkat pelajar

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019