Kondisi terkini di Kawah Putih Ciwidey sampai dengan jam 11 siang tadi, api masih menyala. Taksiran luas lahan yang terbakar sampai dengan jam 11 siang mencapai 20 hektare. Itu pun masih melebar
Bandung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan luas lahan yang terbakar di lahan Kawah Putih Putih Ciwidey, Desa Suguhmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat diprediksi mencapai 20 hektare.

"Kondisi terkini di Kawah Putih Ciwidey sampai dengan jam 11 siang tadi, api masih menyala. Taksiran luas lahan yang terbakar sampai dengan jam 11 siang mencapai 20 hektare. Itu pun masih melebar," kata Manajer Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu, Selasa, di Bandung.

Ia mengatakan total luas baku lahan di Kawah Putih mencapai 449,17 hektare dan sampai saat ini masih dalam penanganan pemadaman.

Dia mengatakan kebakaran lahan yang terjadi di Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, terjadi sejak Senin, 7 Oktober 2019, pukul 14.00 WIB.

Kebakaran lahan tersebut, kata dia, mengakibatkan beberapa tanaman dan pohon terbakar seperti pohon cantigi, pakis andam, dan alang-alang hangus terbakar.

"Dan dampak kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey lahan yang sudah terbakar mencapai 15 hektare," katanya.
 

Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey capai 15 hektare




Sejumlah upaya yang dilakukan BPBD untuk memadamkan api di kawasan tersebut yakni berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung.

BPBD Kabupaten Kabupaten Bandung melakukan penilaian ke lokasi kejadian dan BPBD Provinsi Jawa Barat melakukan pendampingan ke lokasi kejadian kebakaran lahan Kawah Putih Ciwidey.

"Penanganan dan pemadaman kebakaran masih dilakukan oleh BPBD Kabupaten Bandung bersama Polres Bandung, Kodam 0609, BPBD Provinsi Jabar, Perhutani, Damkar Pengelola Wisata Kawah Putlh dan masyarakat sekitar dan relawan penggiat kebencanaan," demikian Budi Budiman Wahyu.

Baca juga: Minimalisasi korban, sebagian lokasi Kawah Putih Ciwidey ditutup

Baca juga: Pemkab Bandung minta bantuan BNPB padamkan karhutla Kawah Putih

Baca juga: Kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey diduga dipicu puntung rokok

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019