Global Wakaf hadirkan wakaf saham BEI

id logo wakaf

Global Wakaf hadirkan wakaf saham BEI

Gerakan Wakaf Tunai. (Foto : istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Global Wakaf menghadirkan wakaf saham yang objeknya berupa saham syariah di Bursa Efek Indonesia lewat jalinan kerja sama dengan PT Henan Putihrai (HP) Sekuritas.

"Peluncuran fitur digital donasi ini ditandai dengan peluncuran produk wakaf saham hari ini," kata Direktur HP Sekuritas Mohamad Yunus di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan pihaknya akan terus berinovasi membuat produk donasi dan mempermudah nasabah berderma.

Baca juga: BNI Sekuritas dan Global Wakaf ACT luncurkan layanan wakaf saham

Presiden Direktur Global Wakaf, Syahru Aryansyah, menyebutkan wakaf saham akan memudahkan empat pihak dalam mengembangkan manfaat wakaf.

Setidaknya, jelas dia terdapat empat pihak yang melakukan transaksi jual beli saham syariah di antaranya Global Wakaf selaku nazir, perusahaan efek yakni HP Sekuritas, Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai regulator dan masyarakat yang ingin melakukan transaksi saham syariah.

Syahru mengatakan wakaf saham bertujuan mengajak masyarakat berinvestasi sekaligus berdonasi melalui wakaf saham. Manfaat dunia dan akhirat bisa didapat dari wakaf saham.

Dia mengemukakan mekanisme wakaf saham dapat dilakukan terhadap saham syariah atau terhadap hasil investasinya.

Adapun nilai manfaat wakaf saham didonasikan untuk kemaslahatan umat dan masyarakat.

Baca juga: Global Wakaf-ACT buatkan sumur untuk warga di Aceh Timur

"Misalkan investor membeli saham 10 lot, dari 10 lot itu, lima lotnya diinvestasikan untuk pribadi dan lima lot lagi diinvestasikan dalam bentuk wakaf. Mengapa harus wakaf? Karena ini akan menjadi bekal, investasi kita setelah dunia nyata. Jadi akan dibawa ke akhirat," terang dia.

Dia menambahkan saham dan hasil investasi saham yang diwakafkan akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat (mauquf alaih).

Contohnya, ujarnya program ritel wakaf yang telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar ritel itu.

Menurut Syahru, masyarakat perlu ikut berkontribusi mewakafkan harta terbaiknya termasuk melalui wakaf saham.

"Kita tidak hanya bicara 'profit-oriented' tapi juga luasnya manfaat yang bisa kita salurkan dengan adanya wakaf saham. Jadi ada transformasi, 'from profit to benefit'," lanjutnya.

Sementara itu, Yunus mengatakan HP Sekuritas juga mengembangkan fitur digital donasi HPX Syariah via Sistem Online Trading Syariah (SOTS) dengan investor syariah dimudahkan untuk bersedekah, berzakat dan berwakaf saham sekali instruksi.

Baca juga: ACT luncurkan Warung Wakaf Mobile

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar