Parkir khusus masyarakat di depan kantor. Khusus aparat sipil negara dan petugas ada di belakang kantor
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menyediakan parkiran khusus sepeda di kantor pemerintahan hingga tingkat kelurahan, sebagai upaya memasyarakatkan penggunaan sepeda.

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid mengatakan parkir khusus sepeda disediakan tepat di depan kantor kecamatan. Parkiran itu dilengkapi dengan cat penanda logo sepeda pada lantai dan besi penyangga yang berkapasitas enam unit sepeda.

“Parkir khusus masyarakat di depan kantor. Khusus aparat sipil negara dan petugas ada di belakang kantor,” kata Mumu di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Dishub koordinasi dengan KAI-TJ terkait lahan parkir sepeda

Demikian pula di Kantor Kelurahan Koja, disediakan parkir khusus yang dilengkapi besi penyangga berkapasitas enam sepeda. Parkiran itu merupakan hasil kreatifitas petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan.

Lurah Koja Frimelda Novarita turut mengkampanyekan penggunaan sepeda kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggunakan sepeda untuk kegiatan monitoring wilayah ke sejumlah RT/RW.

“Saya mencontohkan pada masyarakat agar turut menggunakan sepeda, jika jarak aktivitasnya dekat,” kata Frimelda.

Lurah Tanjung Priok, Ma’mun turut pula mengendarai sepeda untuk mengawasi pelaksanaan program pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kampung Bahari RW 07.

Baca juga: Sembilan perusahaan berminat berbagi sepeda di Jakarta

Dia mengatakan selain mengurangi polusi udara, menggunakan sepeda dapat lebih leluasa untuk memasuki perkampungan padat penduduk yang ruas jalannya sempit.

“Di kantor kelurahan juga sudah ada parkir khusus sepeda. Kalau warga mau melakukan pelayanan ke kantor, bisa pakai sepeda,” kata Ma’mun.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019