Jakarta (ANTARA) -
Keamanan di Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, diperketat menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Minggu siang.

Petugas melakukan pemeriksaan barang penumpang menggunakan alat pemindai X-ray yang dipasang di empat titik akses masuk.
 
"Setiap akses masuk bertangga manual kita pasang X-ray. Totalnya ada empat titik," kata operator X-ray dari Bandara Soekarno-Hatta, Muklis Saputra di Jakarta, Minggu.
 
Alat pemindai barang itu didatangkan dari Bandara Soekarno-Hatta melalui kerja sama MRT dengan Squere Garuda Indonesia (SGI).

Baca juga: Panggung musik di kawasan Monas meriahkan pelantikan presiden
Baca juga: Pelantikan presiden, ratusan sopir bajaj relawan Jokowi-Ma'ruf konvoi
 
Selain melibatkan petugas bandara, MRT juga melibatkan sejumlah personel berikut alat pengamanan lengkap untuk berjaga di area pembelian tiket hingga di dalam kabin kereta.
 
Setiap kabin kereta disiagakan dua petugas polisi dengan peralatan lengkap untuk mengawal perjalanan kereta ke sejumlah kawasan di Jakarta.
 
Muklis mengatakan penerapan sistem keamanan yang lebih ketat dari biasanya ini berlangsung sejak 18 hingga 22 Oktober 2019.
 
"Kegiatan ini berkaitan dengan pengamanan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," katanya.
 
Sebanyak sembilan operator X-ray disiagakan setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.
 
"Per titik pengamanan X-ray dijaga dua petugas piket setiap hari," katanya.
Baca juga: Pelantikan presiden, Alumni Angkatan Udara gelar doa bersama
Baca juga: Pelantikan Presiden, ini pengalihan arus di area Istana Presiden

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019