Tahun ini merupakan 'event' yang diselenggarakan ketiga kalinya
Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan kembali menggelar kegiatan pariwisata olahraga balap sepeda Tour de Prambanan (TDP) 2019.

"Tahun ini merupakan event yang diselenggarakan ketiga kalinya, dan akan dilangsungkan pada Minggu, 27 Oktober 2919," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Senin.

Menurut dia, sport tourism TDP 2019 akan berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya.

"Ada beberapa perubahan dalam penyelenggaraan tahun ini, salah satunya jarak yang ditempuh sejauh 115 kilometer," katanya.

Sementara, pada tahun sebelumnya, TDP menempuh jarak sejauh 100 kilometer.

"Perubahan jarak tempuh dinilai menjadi salah satu tantangan baru bagi para peserta Tour de Prambanan tahun 2019," katanya.

Sudarningsih mengatakan bahwa sampai saat ini, jumlah peserta TDP telah mencapai sebanyak 668 orang.

"Jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan yaitu 500 peserta," katanya.

Ia mengatakan peserta tidak hanya perorangan, tetapi juga terdapat 129 komunitas sepeda yang turut serta dalam TDP 2019.

Ketua Pelaksana TDP 2019 Ferry Dwi Harnanto mengatakan bahwa peserta dalam TDP 2019 dibagi menjadi dua kategori yaitu race dan nonrace.

"Kelas race mempertandingkan kejuaraan khusus King and Queen of Mountain dengan peserta akan diadu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki dengan jarang tempuh 6 kilometer," katanya.

Sementara untuk kategori nonrace, peserta akan mengikuti rute yang disiapkan yaitu start di lapangan Shiwa, Candi Prambanan menuju pitstop pertama di Lapangan Huntap Pagerjuang Kepuharjo, Cangkringan.

Kemudian rute selanjutnya yaitu menuju pitstop kedua di Kecamatan Minggir dan pitstop ketiga di Lapangan Pemda Sleman.

"Perbedaan dari rute kedua kategori tersebut terletak di pitstop pertama yaitu Lapangan Huntap Pagerjuang Kepuharjo. Untuk kategori race akan beradu kekuatan menuju Goa Jepang Kaliurang," katanya.

Sementara nonrace akan langsung melanjutkan perjalanan ke pitstop selanjutnya.

Dalam TDP yang mengusung tema Sport and Tourism for Better Future ini, akan memperebutkan total hadiah Rp45 juta, tropi dan berbagai doorprize.

Baca juga: Start Tour d`Indonesia bergeser ke Candi Prambanan
Baca juga: Balap sepeda "Tour de Prambanan" siap digelar

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019