Jakarta (ANTARA) - Aktivis Greenpeace  akhirnya melepaskan dua spanduk yang semula dipasang di Patung Selamat Datang di Bundaran HI, Rabu.

​​​​​Aktivis Greenpeace melakukan aksi pembentangan spanduk sebagai pengingat kepada kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo agar menghentikan penggunaan energi kotor.

Pada pukul 14.40 WIB, dua spanduk yang bertuliskan "Orang Baik Pilih Energi Baik" dan "Lawan Perusak Hutan" sudah tidak berada di Patung Selamat Datang.

Pada pukul 14.45 WIB, salah satu peserta aksi yang turun diamankan oleh polisi. Dia diamankan untuk dimintai keterangan terkait aksinya yang dilakukan hampir selama 8 jam itu.

"Kasih perahunya, teman saya jangan ditangkap," kata salah satu peserta aksi yang masih berada di atas Patung Selamat Datang.

Satu persatu peserta aksi akhirnya turun dibantu dengan perahu yang disediakan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI dan pengawasan polisi.

Baca juga: Greenpeace pasang spanduk raksasa di Bundaran HI
Baca juga: Polisi gunakan perahu bernegosiasi dengan peserta aksi di Bundaran HI


Hingga saat ini, evakuasi masih lanjutkan. Aksi pembentangan spanduk itu diikuti lima orang yang merupakan relawan dari Greenpeace.

Pemasangan spanduk oleh aktivis Greenpeace itu merupakan bentuk pengingat kepada Presiden Joko Widodo untuk menghentikan penggunaan energi kotor sebagai upaya mencegah perubahan iklim ekstrem.

Juru Kampanye Hutan Greenpeace Arie Rompas mengatakan penggunaan batubara sebagai bahan bakar fosil atau energi kotor serta deforestasi di Indonesia menjadi penyebab terbesar emisi gas rumah kaca di dunia.

Indonesia memiliki angka penggunaan bahan bakar fosil yang tinggi serta laju deforestasi sebesar 600 ribu hektare (ha) pertahun.

"Energi fosil khususnya batu bara masih mendominasi bauran energi nasional sebesar 58 persen, sehingga menghambat laju peralihan menuju energi terbarukan," kata Arie Rompas.

Pemasangan spanduk tersebut dilakukan sejak pukul 07.00 WIB.

Pada pukul 07.30 WIB, polisi telah mengamankan lima orang yang merupakan aktivis Greenpeace yang turut mengikuti aksi di bawah Patung Selamat Datang Bundaran HI.

"Benar di bawah patung itu ada lima orang diamankan, relawan kami," kata Rahma Shofiana, aktivis Greenpeace.

Selain melakukan aksi di Patung Selamat Datang Bundaran HI, Greenpeace juga melakukan pemasangan spanduk di Patung Dirgantara, Pancoran.
Baca juga: Peserta aksi pembentangan spanduk di Bundaran HI masih bertahan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019