Suharso Monoarfa disambut upacara adat Mopotilolo di Gorontalo

id suharso monoarfa,kunjungan menteri ppn,kunjungan kerja menteri

Suharso Monoarfa disambut upacara adat Mopotilolo di Gorontalo

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa disambut upacara adat saat tiba di Gorontalo pada Sabtu (9/11/2019). (ANTARA/Debby Mano)

Gorontalo (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional Suharso Monoarfa dan rombongan disambut dengan upacara adat Mopotilolo saat tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo pada Sabtu.

Para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa atau dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo menggelar upacara adat tersebut untuk menyambut pejabat negara yang pertama kali datang ke daerah mereka.

Mopotilolo diawali dengan penyambutan di pintu gerbang adat menuju ruangan VIP terminal lama Bandara Djalaludin. Acara penyambutan itu diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Prosesi Mopotilolo kemudian dilanjutkan dengan penyerahan persembahan adat kepada Menteri Suharso, jamuan teh dan kue tradisional Gorontalo, dan penyampaian petuah adat.

Mopotilolo diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi Menteri dan rombongan selama menjalankan tugas negara.

Suharso Monoarfa merupakan warga keturunan Gorontalo, namun kunjungannya kali ini merupakan kunjungan pertamanya ke kampung halaman setelah dilantik menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju.

Selama berada di Gorontalo, Suharso dijadwalkan menghadiri syukuran serta pertemuan dengan pemerintah dan masyarakat yang digagas oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Acara syukuran yang dihadiri sekitar 2.500 warga dan pegawai pemerintah diselenggarakan di Rumah Dinas Gubernur Gorontalo.

Baca juga:
Menteri PPN apresiasi alutsista dalam negeri produksi PT Pindad
Kepala Bappenas pastikan pemindahan ibu kota berjalan sesuai rencana


Pewarta : Debby H. Mano
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar