hal ini akan memicu terjadinya erupsi. Namun demikian perlu ada kajian empiris untuk membuktikan kaitan ini
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan secara tektovolkanik gempa tektonik dapat meningkatkan aktivitas vulkanisme dengan syarat gunung api sedang aktif, yakni kondisi magma sedang cair dan kaya produksi gas.

"Aktivitas peningkatan vulkanisme memang sensitif dengan guncangan gempa tektonik," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Minggu.

Hal itu dijelaskan terkait dengan letusan Gunung Merapi pada Minggu, pukul 10.46 WIB, yang diduga kuat memiliki kaitan dengan peristiwa gempa Sleman bermagnitudo 2,7 pada Sabtu (16/11), pukul 02.54 WIB.

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), kata dia, tinggi kolom letusan Gunung Merapi pada Minggu mencapai sekitar 1.000 meter.

Di samping itu, BMKG mencatat peristiwa gempa Sleman berpusat di sekitar Gunung Merapi. Episenter terletak pada koordinat 7,63 LS dan 110,47 BT, tepatnya di darat, pada jarak 10 kilometer arah selatan dari puncak Merapi pada kedalaman enam kilometer.

"Jadi episenter gempa ini sangat dekat dengan puncak Merapi. Dalam kondisi seperti ini erupsi gunung api mudah dipicu oleh gempa tektonik," kata dia.

Baca juga: Merapi keluarkan awan panas letusan setinggi 1.000 meter

Menurut dia, adanya kedua peristiwa itu mirip dengan erupsi Merapi pada 14 Oktober 2019 yang juga didahului oleh serangkaian aktivitas gempa tektonik yang berpusat di sekitar Merapi.

Catatan tentang Merapi pada 2001 dan 2006 menunjukkan bahwa sebelum terjadi erupsi juga didahului oleh aktivitas gempa tektonik.

Dalam kaitan gempa tektonik dan aktivitas vulkanisme, terdapat pula data lain yang serupa di luar negeri. Data menunjukkan bahwa erupsi Gunung Unzen di Jepang dan erupsi Gunung Pinatubo pada 1990 dipicu oleh gempa tektonik.

Ia menjelaskan gempa tektonik dapat meningkatkan stress-strain yang dapat memicu perubahan tekanan gas di kantong magma sehingga terjadi akumulasi gas.

"Kemudian hal ini akan memicu terjadinya erupsi. Namun demikian perlu ada kajian empiris untuk membuktikan kaitan ini," ujar dia.

Baca juga: Awan panas letusan Merapi Sabtu pagi dipicu akumulasi gas vulkanik
Baca juga: Hujan abu tipis guyur dua desa di sekitar Gunung Merapi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019