Jakarta (ANTARA) - Absurd atau sia-sia belaka, bila membanding-bandingkan prestasi yang diraih legenda sepak bola Brasil Pele dengan megabintang asal Argentina Lionel Messi.

Di mata pelatih timnas Brasil, Tite menyebut bahwa Pele mengukuhkan diri sebagai pemain sepak bola "fenomenal", sementara Messi belum mencapai prestasi sebagaimana dikoleksi oleh legenda sepak bola negeri Samba itu.

Tite dengan terang benderang menyatakan upaya membanding-bandingkan Messi dengan Pele bisa disebut sebagai upaya "tanpa kredibilitas" yang memadai untuk mengukur prestasi atlet sepak bola dunia, sebagaimana dikutip dari laman goal.com.

Pernyataan itu mengemuka saat Tite bertukar kata bersilang kalimat dengan Messi dalam laga persahabatan antara Brasil melawan Argentina pada Jumat pekan lalu.

Baca juga: Penalti Messi selamatkan Argentina dari kekalahan kontra Uruguay

Baca juga: Messi cetak rekor usai jadi pemain terbaik dunia 2019


Pada Selasa pekan ini bertepatan dengan perayaan 50 tahun bagi legenda sepak bola Brasil Pele yang melesakkan gol keseribunya.

Tite menyatakan Pele membawa Brasil keluar sebagai juara dunia tiga kali, sementara prestasi yang serupa belum ditorehkan oleh Messi.

Ia mengatakan, "Pele sosok pemain yang tidak terbandingkan. Tidak ada seorang pun yang ingin membanding-bandingkan Pele dengan atlet manapun...Anda tahu apa yang saya lakukan? Saya mendengar tetapi saya tidak mendengarkan."

"Seseorang perlu mengetahui perjalanan sejarah dari prestasi yang diraih seorang atlet yang berkualitas...orang itu (Pele) sungguh fenomenal. Suatu kali memang saya pernah mengatakan Messi pemain yang sungguh cemerlang."

"Yang saya maksudkan ia memang pemain yang cemerlang di masa lalu dan di antara umumnya manusia. Ini lantaran ia memiliki kreativitas. Pele di luar pola itu semua. Dan saya mengatakan hal ini bukan karena saya orang Brasil."

"Jika saja banyak orang datang kepada saya dan mulai membanding-bandingkan, maka bagi saya hal itu tidak berdasar kepada kredibilitas yang memadai," kata Tite.

Baca juga: Siapa pemain terhebat sepanjang masa? Cristiano Ronaldo atau Pele

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019