Washington (ANTARA) - Kapal perang Angkatan Laut AS dua kali berlayar di dekat pulau-pulau yang diklaim oleh China di Laut China Selatan dalam beberapa hari terakhir, militer AS mengatakan kepada Reuters, Kamis, pada saat ketegangan meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia.

Jalur air yang sibuk adalah salah satu dari sejumlah titik nyala dalam hubungan AS-China, yang meliputi perang dagang, sanksi AS, Hong Kong dan Taiwan.

Awal pekan ini selama pembicaraan tingkat tinggi, China meminta militer AS untuk berhenti melenturkan otot-ototnya di Laut China Selatan dan menambahkan "ketidakpastian baru" atas Taiwan yang demokratis, yang diklaim oleh China sebagai provinsi yang patuh.

Baca juga: Kapal AS layari Laut China Selatan yang disengketakan

Angkatan Laut AS berkali-kali membuat marah China dengan melakukan apa yang disebutnya operasi "kebebasan navigasi" oleh kapal-kapal yang dekat dengan beberapa pulau yang diduduki China, yang menyatakan kebebasan akses ke saluran air internasional.

Kapal tempur pesisir Gabrielle Giffords melakukan perjalanan dalam 12 mil laut dari Mischief Reef pada hari Rabu, Komandan Reann Mommsen, seorang juru bicara untuk Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, mengatakan kepada Reuters.

Perusak Wayne E. Meyer menantang pembatasan pada bagian yang jernih di pulau Paracel pada hari Kamis, kata Mommsen.

"Misi-misi ini didasarkan pada aturan hukum dan menunjukkan komitmen kami untuk menegakkan hak, kebebasan, dan penggunaan laut dan wilayah udara yang dijamin secara hukum untuk semua negara," katanya.

Baca juga: Amerika Serikat tuduh warga China selundupkan perangkat perang anti-kapal selam

Militer China pada hari Jumat mengkonfirmasi bahwa kedua kapal perang AS telah berlayar melalui jalur perairan yang kontroversial dan mengatakan mereka melacak jalur kapal-kapal Amerika.

"Kami mendesak (Amerika Serikat) untuk menghentikan tindakan provokatif ini untuk menghindari kecelakaan yang tidak terduga," kata juru bicara Komando Teater Selatan Tiongkok dalam sebuah pernyataan. "China memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan atas pulau-pulau Laut hCina Selatan dan daerah sekitarnya."

China mengklaim hampir semua perairan yang kaya energi di Laut China Selatan, tempat ia mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan. Namun, Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim atas sebagian laut.

Baca juga: Kapal perang Amerika berlayar dekat pulau yang diklaim China

Amerika Serikat menuduh China melakukan militerisasi Laut China Selatan dan berusaha mengintimidasi tetangga-tetangga Asia yang mungkin ingin mengeksploitasi cadangan minyak dan gasnya yang luas.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper bertemu dengan Menteri Pertahanan China, Wei Fenghe awal pekan ini untuk melakukan pembicaraan tertutup di sela-sela pertemuan para menteri pertahanan di Bangkok.

Wei mendesak Esper untuk "menghentikan melenturkan otot-otot di Laut China Selatan dan untuk tidak memprovokasi dan meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan," kata seorang juru bicara Cina.

Esper menuduh Beijing "semakin menggunakan paksaan dan intimidasi untuk memajukan tujuan strategisnya" di wilayah tersebut.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019