Secara keseluruhan, perdagangan mata uang melambat sebelum liburan Thanksgiving
New York (ANTARA) - Kurs dolar AS sedikit lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), karena para pedagang melihat perkembangan terakhir pembicaraan perdagangan AS-China untuk petunjuk dan pekan yang lebih pendek karena libur, membuat pergerakan mata uang diredam.

Amerika Serikat dan China hampir mencapai kesepakatan mengenai fase pertama dari kesepakatan perdagangan, Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Selasa (26/11/2019), setelah perunding utama dari kedua negara berbicara melalui telepon dan setuju untuk terus bekerja pada masalah-masalah yang tersisa.

Baca juga: Emas berbalik naik 0,23 persen, jadi 1.460,3 dolar/ounce

The Global Times, sebuah tabloid yang dijalankan oleh harian resmi Partai Komunis yang berkuasa, People's Daily, melaporkan pada Minggu (24/11/2019) bahwa China dan Amerika Serikat "bergerak lebih dekat untuk menyetujui" pada kesepakatan perdagangan "fase satu", bahkan ketika Washington dan Beijing belum menyepakati spesifik atau ukuran penurunan tarif pada barang-barang China.

"Apakah ini memberi tahu kami sesuatu yang tidak kami ketahui enam, tujuh minggu yang lalu? Sulit untuk dikatakan. Tapi saya akan percaya ketika saya melihatnya," kata Neil Wilson, kepala analis pasar di Markets.com.

Amerika Serikat telah mengenakan tarif atas barang-barang China dalam perselisihan selama 16 bulan atas praktik perdagangan yang menurut pemerintah AS tidak adil. China telah menanggapi dengan cara yang sama dengan tarifnya sendiri untuk barang-barang AS.

Jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan segera, tanggal penting berikutnya untuk dipantau adalah 15 Desember, ketika Washington dijadwalkan untuk mengenakan tarif bahkan lebih besar pada barang-barang China.

Pada Selasa (26/11/2019), data menunjukkan defisit perdagangan barang AS turun tajam pada Oktober karena ekspor dan impor menurun, menunjuk pada pengurangan berkelanjutan dalam aliran perdagangan yang telah dipersalahkan pada kebijakan "America First" pemerintah Trump.

Data juga menunjukkan kepercayaan konsumen AS turun untuk bulan keempat berturut-turut pada November di tengah kekhawatiran tentang kondisi bisnis saat ini dan prospek lapangan pekerjaan, tetapi tetap pada tingkat yang cukup untuk mendukung laju pengeluaran konsumen yang stabil.

Dikutip dari Reuters, indeks dolar AS, yang membandingkan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,08 persen pada 98,246.

"Eskalasi jangka pendek tampaknya tidak masuk akal, untuk saat ini, meskipun ada ancaman Trump untuk menaikkan tarif jika tidak ada kesepakatan," kata Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex.

"Namun, ketidaksepakatan mendasar diilustrasikan dengan Xi berargumen untuk kesepakatan yang sama sementara Trump mengklaim bahwa karena China sudah memiliki keuntungan besar, perjanjian harus menguntungkan AS," tambahnya, merujuk pada Presiden China Xi Jinping.

Terhadap yen, dolar naik 0,12 persen. Mata uang AS telah melonjak ke level tertinggi dua minggu terhadap mata uang safe-haven Jepang di perdagangan Asia.

Baca juga: Optimisme perdagangan angkat dolar ke tertinggi 1-minggu terhadap yen
Baca juga: Dolar di kisaran garis 109 yen pada awal perdagangan di Tokyo


Secara keseluruhan, perdagangan mata uang melambat sebelum liburan Thanksgiving AS pada Kamis, dengan para pedagang memperkirakan kisaran perdagangan yang lebih ketat untuk mata uang utama, kata para analis.

Sterling 0,26 persen lebih rendah pada 1,2864 dolar pada Selasa (26/11/2019) setelah jajak pendapat kedua menunjukkan kepemimpinan Partai Konservatif menyempit sebelum pemilihan Inggris bulan depan.

Konservatif Perdana Menteri Boris Johnson telah mengungguli Partai Buruh oposisi dan berharap bahwa kemenangan Johnson akan mengakhiri lebih dari tiga tahun ketidakpastian atas Brexit telah mengangkat pound, meskipun ada kekhawatiran tentang keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019