Depok (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyatakan terus memantau perkembangan kesehatan guru dan siswa SMPN 20 Depok yang mengalami penyakit Hepatitis A dengan mengedepankan upaya penyembuhan (kuratif).

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Depok, Rabu mengatakan melalui puskesmas setempat, pihaknya terus memantaua dan mendampingi semua guru dan siswa tersebut hingga seluruhnya dinyatakan sehat dan terbebas dari gejala Hepatitis A.

"Tenaga kesehatan di Puskesmas terus menjalin komunikasi dan memantau perkembangan kesehatan guru dan siswa yang mengalami gejala Hepatitis A," ujarnya.

Baca juga: Sumber penularan Hepatitis A di Depok diduga makanan/minuman tercemar

Baca juga: Kemenkes ingatkan penanganan Hepatitis A harus cari sumber penularan

Baca juga: Dinkes Depok ambil serum darah siswa SMPN 20 terkait hepatitis A


Dikatakannya, dari hasil pengambilan 72 serum darah, sebanyak 51 orang positif mengalami Hepatitis A. Namun, dari seluruhnya ada beberapa orang yang sudah sembuh.

"Untuk yang belum sembuh masih dilakukan rawat jalan di puskesmas setempat. Mereka akan didampingi hingga kesehatannya normal kembali," ujarnya.

Dinkes akan terus memberikan pembinaan kepada seluruh sekolah di Kota Depok demi terciptanya lingkungan yang sehat.

Untuk itu pihaknya juga membutuhkan peranan seluruh elemen baik guru, penjaga sekolah, maupun siswa untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).*

Baca juga: Kasus hepatitis A di Depok, pemerintah lakukan pencegahan penyebaran

Baca juga: 72 kasus hepatitis ditemukan di Depok, sebut Menkes

Baca juga: 40 siswa SMPN 20 Depok terserang hepatitis A

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019