Penanganan pohon tumbang telah dilakukan oleh BPBD, relawan, dan warga
Magelang (ANTARA) - Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kembali diterjang angin kencang, yakni Mertoyudan, Dukun, dan Kajoran, setelah dalam beberapa hari terakhir peristiwa serupa terjadi di kabupaten itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Senin, mengatakan hujan dengan intensitas ringan-sedang disertai angin kencang sejak pukul 15.00 WIB di sebagian wilayah Kabupaten Magelang.

Ia menuturkan angin kencang tersebut mengakibatkan pohon tumbang di beberapa lokasi sehingga menutup akses jalan serta menimpa rumah warga dan jaringan listrik.

Ia menyebutkan di Kecamatan Mertoyudan angin kencang terjadi di Dusun Japunan, Desa Danurejo mengakibatkan pohon beringin dengan tinggi 15 meter miring dan akarnya terangkat.

"Kondisi tersebut mengancam pedagang pasar dan akses jalan, kami sedang melakukan koordinasi dengan DPU PR dan PLN. Penanganan menunggu crane," katanya.

Baca juga: Sejumlah kendaraan di Kediri rusak tertimpa pohon

Di Kecamatan Dukun, angin kencang menyapu Dusun Kembang, Desa Ngadipuro mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah milik Sawali hingga kondisinya rusak ringan.

Di Dusun Karanggondang, Desa Ngadipuro, sebatang pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN. Di Dusun Joho, Desa Dukun, Pohon tumbang menutup akses jalan Desa Dukun-Wates.

Di Kecamatan Kajoran angin kencang terjadi di Dusun Ngaben, Desa Sidowangi, mengakibatkan pohon bambu tumbang menutup akses jalan Salaman-Kajoran.

"Penanganan pohon tumbang telah dilakukan oleh BPBD, relawan, dan warga," katanya.

Baca juga: Pulau Pagerungan Sumenep dilanda puting beliung
Baca juga: Angin kencang di Magelang akibatkan belasan pohon tumbang
Baca juga: BPBD Sleman dirikan dapur umum untuk relawan bencana angin kencang

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019